Pesawat Tergelincir di India, Setidaknya Dua Orang Tewas

CNN Indonesia | Sabtu, 08/08/2020 00:05 WIB
Pesawat Air India Express tergelincir di landasan pacu Bandara Calicut, Kerala, India sekitar pukul 19.40, Jumat (7/8). Setidaknya dua orang tewas. Pesawat Air India Express tergelincir di landasan pacu Bandara Kozhikode, Kerala, India pada Jumat (7/8). Setidaknya dua orang penumpang tewas. Ilustrasi. (Laudy Gracivia).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pesawat Air India Express tergelincir di landasan pacu dan patah saat mendarat di Bandara Calicut, Kerala, India sekitar pukul 19.40, Jumat (7/8) malam.

Dilansir dari AFP, pesawat bernomor penerbangan IX-1344 yang terbang dari Dubai itu mengangkut 184 penumpang, 5 awak kabin, dan 2 orang pilot.

Setidaknya dua orang tewas dan puluhan luka-luka karena kejadian nahas yang terjadi saat hujan deras itu.


"Saya sedang mengatur rumah sakit di kota untuk penumpang yang terluka dan dapat mengkonfirmasi dua orang meninggal," ujar Aparat Kepolisian Lokal Sujit Das.

Deputi Negara Bagian Kerala menyatakan satu dari dua orang yang tewas merupakan pilot pesawat tersebut. Puluhan penumpang yang luka-luka juga telah dibawa ke rumah sakit, setidaknya 20 orang dalam kondisi kritis.

Sumber dari petugas layanan darurat mengatakan kepada AFP bahwa upaya penyelamatan tengah dilakukan namun hujan menjadi kendala.

Stasiun TV lokal News18 India melaporkan, berdasarkan sumber anonim, pesawat itu mengalami kendala pada roda gigi pada saat mendarat.

Menteri Dalam Negeri India Amit Shah ikut berduka atas kejadian tragis tersebut.

"Prihatin yang mendalam saat mengetahui kecelakaan tragis pesawat Air India Express di Kozhikode, Kerala. (Saya) telah menginstruksikan NDRF (Badan Penanggulangan Bencana Nasional India) untuk mencapai lokasi sesegera mungkin dan membantu operasi penyelamatan," ujar Shah melalui akun Twitter @amitshah.



(afp/sfr)

[Gambas:Video CNN]