KJRI Pastikan Kondisi WNI Aman di Tengah Kerusuhan Chicago

CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 23:35 WIB
Kondisi di Chicago dilaporkan berangsur pulih usai aksi penjaarahan dan baku tembak yang terjadi di sebut pusat pertokoan. Ilustrasi baku tembak. (Istock/sandsun)
Jakarta, CNN Indonesia --

Konsulat Jenderal RI Chicago Illinois, Amerika Serikat memastikan seluruh WNI di kota tersebut dalam kondisi aman di tengah penjarahan dan baku tembak di pusat kota.

"Hasil pemantauan KJRI Chicago, warga masyarakat Indonesia di Chicago dan sekitarnya dalam keadaan aman dan telah diimbau agar menghindari tempat-tempat terjadinya aksi kerusuhan," tulis pernyataan resmi KJRI yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (10/8) malam.

KJRI mengonfirmasi aksi kerusuhan dan penjarahan tercatat mulai terjadi pada Senin (10/8) tengah malam waktu setempat atau Senin tengah hari waktu Jakarta.


Ratusan orang dilaporkan melakukan aksi penjarahan di wilayah "Magnificent Mile", sebuah kawasan kelas atas di tengah kota Chicago. Kawasan tersebut memanjang sekitar dua kilometer terdiri dari pertokoan, restoran, perhotelan dan perkantoran.

"Sejumlah pertokoan di kawasan tersebut yang mengalami perusakan dan penjarahan massa antara lain Apple Store, Best Buy, Nordstrom, dan Binny's," tulis laporan KJRI.

Aparat keamanan setempat telah mengimbau agar warga tidak mendekat ke tengah kota. Jalur transportasi menuju kota Chicago juga saat ini ditutup sementara oleh aparat kepolisian, termasuk dihentikannya sementara layanan transportasi bis umum maupun kereta subway ke arah dalam kota Chicago.

Seluruh jembatan yang menghubungkan pinggiran kota dengan tengah kota Chicago juga saat ini ditutup.

Belum terdapat informasi pasti penyebab aksi massa, namun pada hari Minggu 9/8 dilaporkan telah terjadi peristiwa tembak menembak di kawasan Englewood (13 km selatan kota Chicago), antara aparat kepolisian dengan seorang terduga pelaku kejahatan, yang menyebabkan pelaku luka-luka.

"Sesuai kondisi pada Senin pagi ini, tampak situasi dan kondisi di tengah kota chicago sudah mulai berangsur pulih dan beberapa aktivitas sudah kembali berjalan normal. Namun demikian aparat kepolisian masih tampak berjaga-jaga di lokasi kejadian," tulis laporan KJRI.

(ain/ain)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA