Selandia Baru Ungkap Virus Corona Menyebar ke Luar Auckland

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 10:45 WIB
Selandia Baru mengungkapkan infeksi virus corona ditemukan di luar kota Auckland, tepatnya di kota Tokoroa. Total 13 kasus baru Covid-19. Wabah virus corona di Selandia Baru menyebar ke luar kota Auckland. (Foto: AP Photo/Mark Baker)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Selandia Baru mengumumkan bahwa infeksi virus corona telah menyebar ke sejumlah kota di luar Auckland.

Menteri Kesehatan Chris Hipkins mengatakan ada 12 kasus baru dan satu penularan yang terjait dengan komunitas. Sekitar dua diantaranya ditemukan di kota Tokoroa, selatan Auckland.

Penyebaran kali ini terjadi ketika pemerintah telah memberlakukan lockdown kota Auckland selama tiga hari sejak Rabu (12/8) lalu.


"Semua kasus baru, kecuali satu ada kaitannya dengan kasus dan klaster yang ada. Untuk kasus ketiga belas saat ini dirawat di rumah sakit, kontak terkait masih dalam penelusuran," kata Hipkins dalam konferensi pers, Jumat (14/8) seperti mengutip dari AFP.

"Kami tidak melihat bukti kasus di luar Auckland yang tidak ada kaitannya dengan klaster yang sedang kami tangani."

Direktur Jenderal Kesehatan Nasional Ashley Bloomfield mengakui saat ini warga semakin frustasi dan mulai melampiaskan kekecewaan mereka terhadap petugas medis. Ia meminta warga tidak melakukan pelecehan terhadap petugas yang berada di garis depan.

[Gambas:Video CNN]

"Kami mendapat laporan tentang petugas kesehatan yang dilecehkan dan bahkan diserang ketika memberikan tes kepada orang-orang. Ini sama sekali tidak dapat diterima," kata Bloomfield di kesempatan yang sama.

Hingga kini pemerintah belum memutuskan rencana untuk memperpanjang lockdown kota Auckland atau kota lain yang melaporkan infeksi corona.

Perdana Menteri Jacinda Ardern diagendakan memberikan konferensi pers pada Jumat malam terkait keputusan akhir untuk memperpanjang lockdown dan kemungkinan untuk membuat kebijakan serupa di kota lain.

Kasus baru Covid-19 di Selandia Baru kembali ditemukan setelah empat orang dalam satu keluarga di Auckland dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Laporan ini mengakhiri 102 hari Selandia Baru terbebas dari pandemi.

Penambahan kasus baru ini menjadikan Selandia Baru memiliki 1.602 kasus Covid-19 dengan 49 kasus aktif.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]