Selidiki UFO, Pentagon Akan Luncurkan Divisi Baru

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 15/08/2020 16:09 WIB
Pentagon dalam beberapa hari ke depan akan mengumumkan divisi baru yang akan bertugas menyelidiki keberadaan UFO. Ilustrasi UFO (Unidentified Flying Object). (Istockphoto/Gremlin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pentagon tengah membentuk divisi untuk menyelidiki UFO (Unidentified Flying Object) yang sempat terdeteksi oleh pesawat militer Amerika Serikat, demikian dinyatakan sumber dari badan pertahanan AS tersebut.

David Norquist, Wakil Menteri Pertahanan, akan mengawasi pembentukan gugus tugas tersebut, yang diprediksi akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Sebelumnya, upaya militer AS menjelaskan fenomena misterius di udara tersebut dipimpin oleh Angkatan Laut karena keberadaannya sering terdeteksi oleh kapal perang mereka.


Ketika dikonfirmasi oleh CNN Internasional, Kementerian Pertahanan AS tidak memberikan respons.

Anggota Kongres dan pejabat Pentagon sebelumnya berulang kali mengutarakan kecemasan mereka karena muncul pesawat yang tidak bisa teridentifikasi melewati pangkalan militer mereka.

Hingga saat ini tidak ada satupun kesepakatan yang bisa diambil mengenai asal-usul benda atau pesawat misterius itu, sementara beberapa pihak lainnya meyakini benda itu adalah pesawat nirawak (drone) yang dioperasikan dari belahan dunia lainnya untuk mengumpulkan informasi intelejen.

Komite Intelejen Senat AS pada Juni lalu memutuskan untuk memaksa Pentagon dan badan intelejen lainnya untuk memberikan analisis terbuka. Keputusan ini diambil menyusul Pentagon yang merilis tiga video berdurasi singkat tentang fenomena tersebut.

Sebelumnya Pentagon pernah meluncurkan program khusus untuk mempelajari rekaman-rekaman video tentang fenomena objek-objek di angkasa yang tidak teridentifikasi.

Namun program yang diluncurkan pada 2007 itu berakhir pada 2012 karena Pentagon meyakini ada program lainnya yang lebih layak didanai.

Mantan kepala program tersebut, Luis Elizondo, pada 2017 silam mengatakan bahwa dia secara pribadi meyakini ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia tidak sendirian di alam semesta ini.

(vws)

[Gambas:Video CNN]