Sukses Lawan Covid, AS Turunkan Peringatan Kunjungi ke China

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 20:40 WIB
AS mulai menurunkan peringatan perjalanan ke China setelah muncul klaim keberhasilan melawan penularan virus corona. Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/ShutterOK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat mulai menurunkan peringatan larangan perjalanan ke China mulai Senin (14/9) seiring dengan klaim Negeri Tirai Bambu lulus melawan penularan virus corona.

Kendati kerap mengkritik peran China dalam memerangi pandemi, AS mengakui bahwa pemerintahan Xi Jinping telah membuat kemajuan dalam melawan pandmei Covid-19.

"Republik Rakyat China telah memulai kembali sebagian besar operasi bisnis (termasuk penitipan anak dan sekolah). Kondisi membaik lainnya telah dilaporkan di China," tulis Departemen Luar Negeri AS seperti dilansir AFP.


Meski begitu, Deplu AS masih mendesak warganya untuk mempertimbangkan kembali rencana melakukan perjalanan ke China.

Pihak Departemen Luar Negeri AS juga memperingatkan warganya tentang risiko penangkapan sewenang-wenang di China, termasuk di Hong Kong setelah diberlakukan UU Keamanan Nasional.

Peringatan perjalanan ini diturunkan diperbarui sepekan setelah China menyatakan menang melawan virus corona. Pernyataan tersebut disampaikan Presiden XI Jimping dalam sebuah acara penghargaan untuk para tenaga medis pada Selasa (8/9) pekan lalu.

Sementara itu, Presiden Donald Trump dalam berbagai kesempatan kerap mengecam dan menyalahkan China atas penyebaran virus corona yang hingga kini telah menginfeksi lebih dari 28 juta orang di seluruh dunia.

(ans)

[Gambas:Video CNN]