23 Orang Tewas dalam Kecelakaan Truk di Nigeria

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 05:06 WIB
Sedikitnya 23 orang di antaranya siswa, tewas dalam kecelakaan bus yang terjadi di Nigeria pada Rabu (23/9). Kecelakaan truk terjadi di Nigeria pada Rabu (23/9) dan menewaskan 23 penumpangnya. Ilustrasi. Istockphoto/ imagedepotpro).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengatakan 23 orang, termasuk pelajar, tewas ketika sebuah truk yang membawa bensin terbalik dan terbakar pada Rabu (23/9) di jalan yang sibuk di pusat negara itu.

Angka kepresidenan itu lebih banyak dua kali lipat dari korban yang dihitung jurnalis AFP yang mengunjungi kamar mayat di Lokoja, ibu kota negara bagian Kogi, tempat kecelakaan itu terjadi.

Pasalnya, hasil perhitungan di rumah sakit hanya sembilan orang.


"Kematian 23 orang seperti yang dikonfirmasi oleh Komisi Keamanan Jalan Federal, merupakan insiden lain yang mengganggu dan menyedihkan dalam litani tragedi yang menimpa negara kita," kata Presiden Buhari dalam sebuah pernyataan seperti dikutip AFP, Kamis (24/9).

"Saya sangat khawatir tentang frekuensi tragedi malang dan skala besar di negara ini yang menyebabkan kematian yang tidak perlu," tambahnya.

Kecelakaan truk bahan bakar sering terjadi di jalan Nigeria yang tidak terawat.  Karena itu, pemimpin Nigeria itu mendesak pengguna jalan untuk mematuhi langkah-langkah keamanan untuk mencegah tragedi seperti itu di masa depan.

Sementara itu Gubernur negara bagian Yahaya Bello menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban.

"Sangat menyedihkan mengetahui banyaknya korban jiwa yang tragis, banyak kendaraan, properti dan barang berharga lainnya dalam kebakaran kapal tanker bensin," kata Bello dalam sebuah pernyataan.

(AFP/agt)

[Gambas:Video CNN]