China Jawab Tuduhan AS soal Corona: Cukup!

CNN Indonesia | Sabtu, 26/09/2020 03:53 WIB
China mengeluarkan pernyataan keras atas tuduhan AS bahwa mereka merupakan penyebab virus corona di dunia dengan mengatakan, China mulai muak dengan tuduhan AS yang menyatakan bahwa mereka terlibat dalam penyebaran virus corona. Ilustrasi. (iStockphoto/Dilok Klaisataporn).
Jakarta, CNN Indonesia --

China memutuskan untuk mengambil sikap tegas terhadap Amerika Serikat (AS). Sikap tegas itu mereka sampaikan pada pertemuan tingkat tinggi PBB atas tuduhan AS ke China atas penyebab penyebaran virus korona.

Melalui utusan mereka, Zhang Jun, China meminta AS untuk menghentikan tuduhan tersebut.

"Cukup sudah! Saya harus mengatakan, cukup sudah cukup! Anda telah menciptakan cukup banyak masalah bagi dunia," katanya seperti dikutip dari AFP, Sabtu (26/9).


Dua hari sebelumnya, Presiden AS Donald Trump memang menggunakan pidato tahunannya di Majelis Umum PBB untuk menyerang China. Dalam pidatonya, ia menuntut PBB mengambil tindakan terhadap China karena menyebarkan wabah covid-19 ke dunia.

Oleh Zhang, serangan itu dinilai salah alamat.

"AS memiliki hampir tujuh juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 200 ribu kematian saat ini. Dengan teknologi dan sistem medis paling canggih di dunia, mengapa AS bisa memiliki kasus dan kematian yang paling banyak dikonfirmasi? Jika seseorang harus dimintai pertanggungjawaban, itu harusnya ke beberapa politisi AS sendiri," katanya.

Menggunakan frasa yang sering diungkapkan oleh para pemimpin AS ke China, Zhang berkata bahwa seharusnya AS memahami kekuatan besar dan harus berperilaku seperti kekuatan besar.

"Amerika Serikat benar-benar terisolasi," katanya.

(AFP/agt)

[Gambas:Video CNN]