Bom Bunuh Diri di Afghanistan, 9 Orang Tewas

Associated Press, CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 18:55 WIB
Aksi bom bunuh diri yang terjadi di Afghanistan selatan pada RAbu (30/9) malam menewaskan sembilan orang, empat diantaranya warga sipil. Ilustrasi bom bunuh diri. (Foto: Istockphoto/ RamonCast)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aksi bom bunuh diri terjadi di Afghanistan selatan pada Rabu (30/9) malam. Sembilan orang dilaporkan tewas, termasuk empat diantaranya warga sipil.

Juru bicara pemerintah provinsi Helamnd, Omer Zwak mengatakan, aksi bom bunuh diri terjadi di sebuah pos pemeriksaan militer di Afghanistan selatan.

Zwak menuturkan, wraga sipil yang menjadi korban tengah berada di dalam kendaraan ketika aksi pengeboman. Dua perempuan dilaporkan berada di dalam mobil tersebut dan ditemukan tewas.


Tiga personel militer dan seorang anak kecil dikabarkan mengalami luka-luka.

Mengutip Associated Press, sejauh ini belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut. Gerilyawan Taliban tengah menguasai sebagian besar provinsi Helmand ketika kejadian.

Aksi penyerangan terjadi ketika pemimpin Taliban dan perwakilan pemerintah Afghanistan melakukan pembicaraan damai di Qatar.

Negosiasi damai antara delegasi Taliban dan pemerintah Afghanistan dimulai pada Senin (24/8) sebagai kelanjutan dari perjanjian damai antara AS dan Taliban pada Februari lalu.

Mullah Abdul Ghani Baradar, pimpinan delegasi Taliban mengatakan pertemuan kali ini dilakukan untuk membahas perkembangan terbaru dan proses perdamaian dengan Afghanistan.

"Pertemuan dengan para pemimpin Pakistan membahas perkembangan terkini proses perdamaian Afghanistan serta relaksasi dan fasilitasi pergerakan dan pertukaran tahanan antara dua negara tetangga," tulis juru bicara biro politik Taliban, Suhail Shaheen dalam cuitannya.

(ndn/evn)

[Gambas:Video CNN]