Ahli Penyakit Sebut Ucapannya Dipelintir di Kampanye Trump

CNN Indonesia | Senin, 12/10/2020 10:45 WIB
Ahli penyakit menular Amerika Serikat Anthony Fauci menyebut ucapnya dipelintir dalam iklan kampanye Donald Trump. Pakar penyakit menular Amerika Serikat Anthony Fauci (tengah). (AP/Alex Brandon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli penyakit menular Amerika Serikat Anthony Fauci menyebut ucapnya dipelintir dalam iklan kampanye Donald Trump.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS itu menuding iklan yang ditayangkan telah diedit dengan menampilkan ucapannya yang seolah-olah tampak mendukung penanganan pandemi virus corona ala Presiden Trump.

"Dalam hampir lima dekade pelayanan publik saya, saya tidak pernah secara terbuka mendukung kandidat politik mana pun," kata Fauci dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke AFP, Minggu (11/10).


 
Iklan kampanye berdurasi 30 detik tersebut mengutip pengalaman pribadi Trump yang mengidap Covid-19.
 
"Presiden Trump sedang dalam masa pemulihan dari virus corona, dan begitu pula Amerika," bunyi kampanye itu, sebelum menyertakan potongan singkat komentar Fauci yang tampak memuji respons presiden terhadap pandemi.
 
"Saya tidak bisa membayangkan ada orang yang bisa berbuat lebih banyak," kata Fauci, merujuk jelas pada Trump.
 
Dilansir AFP, padahal, komentar tersebut adalah pernyataan Fauci dalam sebuah wawancara pada Maret lalu dengan Fox News.
 

"Saya telah mencurahkan hampir seluruh waktu untuk ini. Saya berada di Gedung Putih hampir setiap hari dengan satuan tugas, setiap hari. Jadi, saya tidak bisa membayangkan bahwa dalam keadaan apa pun ada orang yang bisa berbuat lebih banyak," kata Fauci dalam wawancara kala itu.
 
Dalam pernyataannya, Fauci mengatakan potongan komentar dalam video kampanye Trump itu telah disebarkan tanpa seizin dirinya.
 
"Komentar yang diatribusikan kepada saya tanpa izin saya di iklan kampanye GOP diambil di luar konteks dari pernyataan luas yang saya buat beberapa bulan lalu, tentang upaya pejabat kesehatan masyarakat federal," tutur Fauci.
 
Sementara itu, Trump membela video tersebut sekaligus penanganannya terhadap pandemi. Dia juga membantah kritik dari Fauci.
 


"Itu memang kata-kata Dr. Fauci sendiri. Kami telah melakukan pekerjaan yang 'fenomenal', menurut gubernur tertentu," cuit capres pehatahana itu di Twitter.
 
Sebagai anggota terdepan dari gugus tugas Gedung Putih untuk penanganan virus corona, Fauci sering kali harus mengklarifikasi atau mengkoreksi secara tegas pernyataan Trump yang sering tidak berhati-hati mengenai Covid-19, baik tentang penyakit itu sendiri, perawatan, maupun vaksin yang sedang dikembangkan.

(ans/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK