KILAS INTERNASIONAL

Jalan Jokowi di Abu Dhabi sampai Sekjen PLO Positif Corona

CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 06:57 WIB
Jalan Jokowi di Abu Dhabi sampai Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat, positif Covid-19. Ilustrasi Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat. Dia dilaporkan kritis akibat terinfeksi virus corona. (AFP/ABBAS MOMANI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (20/10). Mulai dari Jalan Jokowi di Abu Dhabi sampai Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat, positif Covid-19. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Presiden Joko Widodo dijadikan nama jalan di Abu Dhabi

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) memutuskan menyematkan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi.

Penamaan tersebut merupakan bentuk penghormatan pemerintah UEA kepada Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral antara kedua belah pihak.


Upacara peresmian nama jalan Presiden Joko Widodo atau President Joko Widodo Street itu digelar pada Senin (19/10) pukul 16.45 waktu setempat, oleh Putra Mahkota UEA sekaligus Ketua Majelis Eksekutif Abu Dhabi, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi) dengan Area Kedutaan, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik.

Sebelumnya, nama jalan tersebut adalah Al Ma'arid Street yang memiliki arti pameran. Jalan itu menghubungkan jalan Rabdan dengan jalan Tunb Al Kubra.

[Gambas:Video CNN]


2. Alaska diterjang tsunami akibat gempa magnitudo 7.5

Gempa bumi dengan magnitudo 7.5 mengguncang Sand Point, Alaska, Amerika Serikat, pada Senin (19/10), dan memicu tsunami setinggi 45 centimeter.

Seperti dilansir CNN, Selasa (20/10), Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS menyatakan saat diukur di lautan, gempa itu menyebabkan dua gelombang tsunami setinggi 130 centimeter.

Akan tetapi ketika sampai di darat, ketinggian gelombang menurun menjadi 45.7 centimeter.

Menurut Scott Langley dari Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS, kawasan pesisir yang mereka pantau terkait tsunami adalah sepanjang 500 mil (sekitar 804.7 kilometer).

Sesaat setelah gempa terjadi, badan setempat menerbitkan peringatan tsunami di semenanjung dan selatan Alaska. Namun, setelah beberapa saat skala peringatan diturunkan.

Menurut Langley, kawasan yang diterjang tsunami kecil itu adalah wilayah terpencil.

"Untuk wilayah AS dan pesisir Kanada tidak ada ancaman tsunami," demikian pernyataan lembaga tersebut.

Pusat gempa dilaporkan berada pada jarak 96.5 kilometer dari Sand Point, dekat semenanjung Aleutia.

[Gambas:Video CNN]


3. Sekjen PLO dirawat akibat terinfeksi virus corona

Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat, dirawat di rumah sakit akibat terinfeksi virus corona (Covid-19).

PLO melaporkan kondisi kesehatan Erekat yang berusia 65 tahun kian memburuk. Saat ini dia dirawat di rumah sakit di Israel sejak Minggu (18/10) pekan lalu.

Erekat dinyatakan positif Covid-19 pada 8 Oktober lalu.

"Setelah kontraksi Covid-19, dan karena masalah kesehatan kronis yang dihadapinya pada sistem pernapasan, saat ini kondisi Dr. Erekat membutuhkan perhatian medis di rumah sakit," kata PLO dalam sebuah pernyataan.

Saudara kandung Erekat, Sabre Erekat, mengatakan kepada AFP bahwa kondisi kesehatan saudaranya tidak terlalu baik. Dia menambahkan saudaranya dibawa ke Rabin Medical Center di kota Petah Tikva, Israel, di luar Tel Aviv.

(ayp/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK