Pemenggal Guru Prancis Sempat Tukar Pesan dengan Ayah Murid

CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 14:53 WIB
Abdullah Anzorov, pelaku pemenggal guru disebut sempat terlibat kontak dengan orangtua murid yang memimpin kampanye daring untuk melawan korban. Aksi solidaritas pemenggalan guru Prancis. (AP/Michel Spingler)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sumber kepolisian Prancis mengatakan Abdullah Anzorov, pelaku pemenggal guru Samuel Paty sempat terlibat kontak dengan orangtua murid yang memimpin kampanye daring untuk melawan korban.
 
Pembunuh berusia 18 tahun itu diketahui sempat bertukar pesan melalui WhatsApp denganayah murid yang ingin Paty dipecat, setelah putrinya memberitahu bahwa guru itu menunjukkan kartun Nabi Muhammad dalam pelajaran tentang kebebasan berbicara.
 
Dilansir The Guardian, mengutip sumber polisi, radio Europe 1 mengatakan para penyelidik telah menemukan jejak beberapa pesan teks dan percakapan telepon antara sang ayah dan Anzorov di hari-hari menjelang kematian guru sejarah tersebut.
 


Dilansir AFP, Selasa (20/10), sumber kepolisian tidak menyebutkan bagaimana Anzorov berhubungan dengan ayah murid. Tapi sang ayah mencantumkan nomor teleponnya di postingan kampanye daring di Facebook dengan video yang menyerukan protes terhadap Paty.
 
Menurut sumber polisi, sang ayah menuduh Paty melakukan "pornografi" karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad yang telanjang. Meski demikian, putrinya yang juga merupakan murid Paty, tidak berada di kelas saat pelajaran itu berlangsung.
 


Pihak sekolah juga mengatakan Paty telah memberikan pilihan kepada siswanya yang beragama Islam untuk meninggalkan kelas sebelum dia menunjukkan gambar tersebut.
 
Sang ayah adalah satu dari 16 orang yang ditahan atas pembunuhan tersebut. Selain itu, lima siswa sekolah itu juga ditahan karena dicurigai membantu Anzorov mengidentifikasi korbannya dengan imbalan uang.
 



Anzorov melancarkan serangan itu pada Jumat lalu ketika Paty dalam perjalanan pulang dari SMP tempat dia mengajar di Conflans-Sainte-Honorine, 40 kilometer di barat laut Paris. Anzorov ditembak mati oleh polisi tak lama setelah serangan itu.

(ans/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK