Paus Fransiskus Tunjuk Kardinal Afro-Amerika Pertama dari AS

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 00:55 WIB
Paus Fransiskus membukukan sejarah baru di mana ia menunjuk sosok Afro-Amerika pertama dari Amerika Serikat (AS) untuk menjadi kardinal. Wilton Gregory akan menjadi kardinal pertama dengan latar belakang Afro-Amerika di Amerika Serikat (AS). (AFP/EVA HAMBACH)
Jakarta, CNN Indonesia --

Paus Fransiskus membukukan sejarah baru di mana ia menunjuk sosok Afro-Amerika pertama dari Amerika Serikat (AS) untuk menjadi kardinal.

Sosok kardinal baru itu adalah Uskup Wilton Gregory. Nama Gregory diumumkan bersama 12 nama lain yang akan dilantik Paus bulan depan, 28 November 2020.

Bagi Gregory sendiri ini menjaid sejarah baru, di mana dia saat ini merupakan satu-satunya uskup kulit hitam di Amerika Serikat saat ini. Tahun lalu dia ditunjuk memimpin keuskupan di ibukota AS, Washington DC.


Seperti dilansir CNN, sebelum menjadi uskup di Washington DC, sebelumnya dia tinggal di Atlanta.

Nantinya, ia akan menggantikan posisi kardinal Donald Wuerl yang telah mundur pada 2018 lalu karena kemarahan publik terkait perannya dalam mengangani krisis seksual.

Termasuk Gregory, sembilan dari 13 kardinal baru itu berusia di bawah 80. Gregory sendiri saat ini berusia 72.

Para calon kardinal baru di antaranya adalah Raniero Cantalamessa dari Italia, Marcello Semeraro, Antone Kambanda dari Rwanda, Jose Fuerta Advincula dari Filipina, dan Celestino Aos Braco dari Chile.

(CNN, AFP/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK