75 Foto Finalis Kompetisi 75 Tahun PBB, Dua dari Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 02:48 WIB
Sekjen PBB mengumumkan 75 finalis pameran foto bertema Dunia yang Kita Inginkan (The World We Want) untuk memperingati 75 tahun lembaga dunia itu. Seorang pria membersihkan pintu kaca di kantor badan PBB. (AFP Photo/Fabrice Coffrini)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN), Antonio Guterres mengumumkan 75 finalis pameran foto bertema 'Dunia yang Kita Inginkan' (The World We Want) untuk memperingati 75 tahun lembaga dunia tersebut.

Dalam kicauannya di Twitter pada Sabtu (24/10) lalu, Guterres mengungkapkan ada lebih dari 50 ribu foto yang dikirimkan dari seantero dunia untuk mengikuti pameran tersebut. Selanjutnya, setelah disaring pihaknya memilih 75 finalis.

"Selamat kepada 75 finalis atas karya anda yang mengharukan dan kuat," ujar pria asal Portugal tersebut di akun Twitter-nya, @antonioguterres.


Dari 75 finalis tersebut, tersemat dua di antaranya foto yang diambil di Indonesia.

Foto pertama diambil Lety Liza yang memperlihatkan dua anak sekolah dasar berpegangan tangan. Foto lainnya diambil Andika Oky Arisandi yang memperlihatkan seorang lansia asyik bermain ukulele.

Foto lainnya ada yang berasal dari Filipina, Australia, Vietnam, Zimbabwe, Kenya, Amerika Serikat, Tunisia, Banglades, Belanda, Rusia, dan lain-lain.

Pada laman khususnya di situs PBB, dijelaskan dari 50 ribu lebih foto yang masuk sebelum tembus 75 besar itu datang dari lebih 130 negara.

'Foto-foto tersebut mengekspresikan rangkaian menakjubkan dari perspektif yang beragam dan menarik yang menangkap ketahanan umat manusia dan harapan yang tak tergoyahkan untuk masa depan yang lebih cerah; kesadaran mendalam tentang keterkaitan kita; aspirasi yang dalam untuk kesetaraan, keadilan dan inklusi; dan rasa takjub akan keindahan alam dan kekuatannya untuk menopang semua kehidupan,' demikian pengantar pada laman kompetisi foto global yang menampilkan semua 75 foto finalis tersebut.

'Foto-foto tersebut menyoroti kebutuhan mendesak bagi komunitas internasional untuk bersatu dalam tujuan bersama untuk mewujudkan realitas baru di mana semua orang dapat berkembang dalam perdamaian, martabat dan kesetaraan di planet yang sehat,' imbuhnya.

Memasuki 75 tahun PBB, dunia terus dirundung sejumlah persoalan seperti kelaparan, kemiskinan, radikalisme, ekstremisme, ancaman perang dan konflik antarnegara karena pencaplokan wilayah, pemanasan global dan perubahan iklim, serta yang terbaru setahun terakhir adalah pandemi virus corona (Covid-19).

Dalam pertemuan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang digelar secara virtual, Guterres mengatakan pandemi Covid-19 merupakan krisis terbesar pada zaman ini. Seperti dikutip dari The Associated Press, Guterres pun mendorong solidaritas seluruh dunia untuk mengatasi krisis global ini, terutama membantu mendukung sistem kesehatan negara-negara berkembang.

Saat ini secara global, WHO mencatat telah lebih dari 42 juta orang terinfeksi di seluruh dunia sejak kasus ini merebak di Wuhan, China, sekitar awal tahun ini. Dan, lebih dari 1 juta orang telah tewas karena Covid-19.

(kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK