Gubernur Nevada Sebut Klaim Trump soal Pilpes Menyesatkan

CNN Indonesia | Jumat, 06/11/2020 20:12 WIB
Gubernur Nevada Steve Sisolak menyebut tudingan Donald Trump soal adanya kecurangan dalam pilpres 2020 sebagai hal yang menyesatkan. Calon petahan presiden AS Donald Trump menuding adanya kecurangan dalam perhitungan suara. (oto: AP/Evan Vucci)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Nevada Steve Sisolak menyebut tudingan Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal kecurangan pada pemilihan presiden (pilpres) 2020 menyesatkan.

"Pernyataan Presiden Trump kepada warga Amerika malam ini terkait pilpres menyesetkan, bahaya, dan yang paling penting, salah," katanya melalui keterangan tertulis yang dikutip CNN, Jumat (6/11).

Menurut politisi Partai Demokrat itu, tudingan Trump dilakukan dengan tujuan merusak kepercayaan publik terhadap integritas petugas pemilu.


Ia menegaskan yakin dengan integritas pejabat pemilu di negara bagian itu. Sisolak berjanji akan memastikan setiap surat suara dihitung, meskipun Trump meminta sebaliknya.

"Jelas tujuan dari pernyataannya adalah untuk merusak kepercayaan publik terhadap integritas proses dan sistem pemilu kami, yang pada akhirnya akan merusak salah satu pilar inti demokrasi kami," ujar Sisolak.

Sedangkan Gubernur Arizona Doug Ducey mengatakan pihaknya hanya menghitung suara yang diterima sampai hari pemilihan. Ia pun meminta semua pihak sabar menunggu penghitungan suara di Arizona.

"Kami melihat perubahan drastis pada hasil pemilu yang naik turun sejak Selasa malam, termasuk untuk presiden (Trump)," ujarnya.

Infografis Prediksi Kebijakan Donald TrumpFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Prediksi Kebijakan Donald Trump

"Semua ini menggarisbawahi pentingnya untuk tidak langsung mengambil kesimpulan di negara bagian Arizona sampai ada hasil akhir di semua wilayah," lanjut gubernur dari Partai Republik itu.

Sikap tim kampanye Trump terhadap penghitungan di Nevada dan Arizona berbeda. Semenjak sejumlah media mengklaim kemenangan Joe Biden di Arizona, mereka meminta setiap suara di sana dihitung.

Sedangkan Nevada menjadi salah satu dari negara bagian yang digugat Trump agar menghentikan penghitungan suara. Menurut penghitungan CNN, Biden sementara unggul di negara bagian tersebut.

Penghitungan suara sejumlah media AS, seperti CNN, The New York Times, Washington Post, di Nevada dan Arizona sendiri masih berlangsung. Sedangkan Fox News dan Associated Press sudah mengklaim kemenangan Biden di Arizona.

(fey/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK