Pejabat Pemerintahan Trump Diam-diam Kontak Transisi Biden

CNN, CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 13:30 WIB
Sejumlah pejabat dan mantan pejabat pemerintahan Trump dikabarkan diam-diam mulai menghubungi anggota tim transisi Joe Biden. Presiden AS Donald Trump dan presiden terpilih Joe Biden (kanan). (Foto: AP/Patrick Semansky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pejabat dan mantan pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump dikabarkan diam-diam mulai menghubungi anggota tim transisi presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden.

Kontak yang dilakukan oleh orang-orang terdekat Trump seakan menjadi tanda bahwa mereka mulai frustasi dengan sikap dan hambatan lebih lanjut yang ditunjukkan oleh orang nomor satu di AS tersebut.

Seorang mantan pejabat pemerintahan Trump kepada CNN mengatakan, mereka memandang upaya kontak kepada tim transisi Biden sebagai kewajiban kepada negara atas pertimbangan partisan.


Kendati demikian, sumber tersebut mengatakan jika pembicaraan yang terjadi tidak sedetail pengarahan formal seperti halnya proses transisi resmi. Namun para pejabat itu setidaknya dapat membantu tim transisi Biden untuk memahami masalah yang mungkin akan mereka hadapi ketika menjabat.

Mantan pejabat Gedung Putih lainnya yang identitasnya enggan diungkap, mengatakan bahwa secara pribadi dia telah mengirimkan surel untuk menawarkan bantuan kepada orang kemungkinan akan mengemban tugas yang sama di bawah kepemimpinan Biden.

Seorang pejabat administrasi Trump mengonfirmasi bahwa saat ini telah ada kontak informal dari pemerintahannya ke tim Biden.

"Tidak ada yang membuat kita bermasalah. Hanya tawaran untuk membantu," kata pejabat tersebut.

"Mereka tahu apa yang kita maksud, dan apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan atau katakan," ucapnya menambahkan.

Pejabat yang sama mengatakan kontak yang sejauh ini dilakukan belum menghasilkan percakapan yang substansif.

DI sisi lain, seorang penasihat senior Biden mengakui jika telah dihubungi oleh pejabat pemerintahan Trump. Meski enggan berkomentar, ia mengaku menghargai bantuan tersebut dan dalam beberapa kasus merupakan hasil dari hubungan sudah ada sebelumnya kendati tidak sekuat transisi di era pemerintahan sebelum-sebelumnya.

"Ini membutuhkan lebih dari mantan pejabat yang memilih untuk melangkah maju dan membantu memastikan transisi kekuasaan yang mulus," kata wakil manajer kampanye dan penasihat transisi Biden, Kate Bedingfield kepada CNN.

"GSA harus mengikut undang-undang dan memastikan hasil pemilihan sehingga orang Amerika mendapatkan persetujuan [proses transisi] yang lancar dan efektif antar administrasi."

Hingga saat ini Trump masih belum mengakui hasil pemilu yang memenangkan rivalnya, Joe Biden. Trump dalam beberapa hari terakhir bahkan dikabarkan menghindari sorotan publik dan wartawan dengan mengasingkan diri di Gedung Putih.

Pihak Gedung Putih mengumumkan "tidak ada acara publik" dalam jadwal harian Trump. Ia juga tidak menjawab pertanyaan media dan melarang ada kamera di Gedung Putih.

Sejauh ini ia hanya beberapa kali terlihat keluar dari Gedung Putih, termasuk bermain golf di Virginia pada Minggu (15/11) lalu.

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK