Serangan di Masjid Nigeria Tewaskan Lima Jemaah

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 07:28 WIB
Sebuah Kelompok bersenjata menyerang sebuah masjid di negara bagian Zamfara, Nigeria, menewaskan lima jemaah. Ilustrasi. Sebuah Kelompok bersenjata menyerang sebuah masjid di negara bagian Zamfara, Nigeria, menewaskan lima jemaah. (Thinkstock/hurricanehank)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah Kelompok bersenjata menyerang sebuah masjid di negara bagian Zamfara, Nigeria, menewaskan lima jemaah.

Seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Senin (23/11), kelompok bersenjata itu juga menculik sekitar 40 orang. Imam masjid adalah salah satu orang yang turut diculik.

Menurut juru bicara kepolisian Zamfara, Muhammad Shehu, mereka langsung mengerahkan aparat keamanan ke lokasi kejadian. Penyidik juga sedang mengusut insiden itu.


Konflik bersenjata memang kerap terjadi di kawasan itu. Kelompok yang bertikai melibatkan suku Fulani yang bermukim di kawasan Afrika Barat, dengan suku-suku yang tinggal di negara tetangga.

Suku Fulani berpindah ke kawasan selatan bertujuan untuk beternak. Namun, mereka menuduh ternak mereka kerap dicuri oleh petani setempat, dan melukai mereka.

Sejumlah kelompok bersenjata kerap menggunakan situasi itu untuk mengambil keuntungan dan melakukan serangan.

Sebanyak 2.000 penduduk tewas akibat konflik itu. Sedangkan ratusan ribu warga terpaksa mengungsi.

Pemerintah setempat sudah menggelar pertemuan untuk menyepakati perjanjian perdamaian, yang dihadiri berbagai kelompok pada Agustus 2019. Alhasil, sebanyak 2.000 orang memutuskan menyerahkan senjata mereka kepada aparat.

(ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK