Joe Biden Calonkan Eks Gubernur The Fed Yellen Sebagai Menkeu

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 05:37 WIB
Janet Yellen, eks Gubernur The Fed, dicalonkan oleh Joe Biden sebagai Menteri Keuangan baru. Janet Yellen bakal jadi Menkeu AS perempuan pertama. (Foto: Brendan Smialowski / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Joe Biden menominasikan mantan Gubernur The Federal Reserve Janet Yellen untuk memimpin Departemen Keuangan AS. Jika disetujui, ia akan menjadikannya perempuan pertama di kursi Menteri Keuangan AS.

Dikutip dari AFP, Yellen (74) tahun itu, yang pencalonannya dikonfirmasi oleh sumber Departemen Keuangan yang dekat dengan pemerintahan Biden, akan ditugaskan untuk menuntun AS keluar dari jurang PHK massal dan perlambatan ekonomi yang tajam akibat pandemi Covid-19. .

"Yellen akan menjadi menteri keuangan berikutnya," dan dia dapat diumumkan secara resmi paling cepat Selasa, kata sumber tersebut, membenarkan berita yang pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal.


Sumber itu juga menyebut pencalonan Yellen didukung oleh anggota sayap kiri dari Partai Demokrat dan membutuhkan konfirmasi dari Senat.

Yellen sendiri jadi pimpinan The Fed di masa Presiden Barack Obama pada 2014. Presiden Donald Trump kemudian menggulingkannya dari kursi tersebut empat tahun kemudian.

Di The Fed, Yellen dipandang bak "merpati" karena kebijakan suku bunga rendahnya demi mendukung lapangan kerja.

Jika dilantik, dia akan menggantikan Steven Mnuchin, dan kemungkinan akan menghadapi kebuntuan selama berbulan-bulan di Kongres terkait stimulus baru untuk ekonomi AS.

Kepala ekonom di Grant Thornton Diane Swonk menyebut Yellen sebagai "ekonom yang sangat berbakat dan berbakat".

"Dia akan menjadi menteri keuangan yang hebat pada saat kritis dan menulis bab lain dalam buku sejarah," kata dia, dalam akun Twitter-nya.

(AFP/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK