Wabah Covid di Shanghai, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 15:07 WIB
Ratusan penerbangan di Bandara Internasional Pudong, China dibatalkan pada Selasa (24/11) setelah wabah kecil corona muncul di kota Shanghai. Ilustrasi bandara. (Istockphoto/rclassenlayouts)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ratusan penerbangan di Bandara Internasional Pudong, China dibatalkan pada Selasa (24/11) setelah wabah kecil virus corona muncul di kota Shanghai.

Seperti dikutip dari AFP, pengelola salah satu bandara tersibuk di China itu tengah berupaya mengendalikan penyebaran lokal Covid-19.

Pejabat kesehatan telah menguji ribuan staf di Bandara Internasional Pudong sejak sekelompok kecil kasus Covid-19 di kota itu dikaitkan dengan beberapa petugas kargo.


China, lokasi awal virus corona terdeteksi akhir tahun lalu telah berhasil mengendalikan pandemi melalui pembatasan perjalanan dan penguncian. Namun saat ini mereka dihadapkan pada sejumlah wabah domestik di berbagai kota.

Shanghai melaporkan tujuh infeksi lokal terkait dengan bandara tersebut pada bulan ini. Sebagian besar kasus terdeteksi dalam beberapa hari terakhir.

Wabah itu telah mendorong rencana vaksinasi bagi pekerja berisiko tinggi seperti petugas bandara. China diketahui telah menyuntikkan vaksin eksperimental kepada pegawai negeri, mahasiswa internasional, dan pekerja di luar negeri, sejak Juli.

Perusahaan layanan data VariFlight menunjukkan lebih dari 500 penerbangan dari Bandara Pudong dibatalkan, hampir setengah dari jadwal penerbangan hari itu. Penerbangan menuju Bandara Pudong ikut terkena imbas.

Kantor berita Xinhua melaporkan lebih dari 17.700 orang telah dites swab pada Senin pagi.

Pihak berwenang mengatakan dua petugas kargo di bandara dinyatakan positif Covid-19 awal bulan ini. Keduanya diketahui sempat memasuki dan membersihkan sebuah kontainer yang tiba dari Amerika Utara tanpa mengenakan masker pada akhir Oktober.

Rencananya para pekerja kargo akan diberikan tes rutin dan vaksin Covid-19 seperti halnya para pekerja lain yang berisiko tinggi terpapar virus.

Tak hanya di Pudong, pembatalan penerbangan juga terjadi di Bandara Internasional Tianjin, kota pelabuhan di wilayah utara. Pihak berwenang kota itu telah menguji sekitar 2,6 juta orang untuk mengendalikan klaster lokal.

Tianjin melaporkan lima kasus lokal pada Sabtu dan satu lagi pada hari Selasa.

China telah meluncurkan kampanye penyaringan massal sebagai tanggapan atas munculnya kasus Covid-19 lokal. Mereka juga mengumpulkan sampel uji dari seluruh kabupaten atau kota.

Pihak berwenang dalam beberapa hari terakhir mengalihkan fokus ke makanan beku impor dan pengiriman masuk lainnya yang diduga menjadi sumber penularan infeksi lokal virus corona.

(dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK