Perampokan Bank di Brasil, 1 Sandera Tewas

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 12:30 WIB
Bank of Brazil pada Selasa (1/12) menjadi sasaran perampokan oleh sekelompok perampok bersenjata, satu sandera dilaporkan tewas. Bank di Brasil menjadi sasaran perampokan, satu sandra dilaporkan tewas. (Foto: AP/Guilherme Hahn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekelompok perampok bersenjata lengkap dilaporkan menjarah dan merampok bank di kota Cameta, negara bagian Para, Brasil pada Selasa (1/12). Dua orang terkena tembakan, termasuk satu sandera yang tewas.

Beberapa orang lainnya mendapat perawatan di rumah sakit karena menderita luka di bagian kaki.

Sekretariat keamanan publik Para dalam sebuah pernyataan melaporkan lebih dari 20 penjahat dengan senapan menyerbu kantor cabang Bank of Brazil yang dikelola di kota di wilayah Amazon.


Bank of Brazil dalam pernyatannya mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan bersama polisi dan belum mulai mengevaluasi kerusakan struktural pada kantor cabangnya. Gambar yang diterbitkan oleh media daring G1 menunjukkan pecahan kaca berhamburan di lantai.

Pasukan taktis dan polisi dari daerah lain telah dikerahkan untuk membantu polisi Cameta. Pihak berwenang menemukan truk serta perangkat peledak yang ditinggalkan penjahat.

Wali Kota Cameta, Waldoli Valente menyampaikan rasa belasungkawa untuk korban di akun Facebook pribadinya.

"Kota kami selalu damai dan saya meminta semua orang untuk tinggal di rumah," ucapnya dalam unggahan Facebook pada Rabu (2/12) pagi.

Dilansir Associated Press, baik pihak bank maupun pejabat setempat tidak mengatakan berapa banyak uang yang mungkin telah dicuri.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan sekitar puluhan sandera dibawa pergi dari alun-alun Cameta, tak lama terdengar suara tembakan di malam hari. Media lokal melaporkan bahwa kantor polisi militer turut diserang.

"Mereka berkeliling menembaki polisi dan di rumah-rumah. Itu adalah pemandangan yang mengerikan untuk dilihat," kata penduduk setempat, Junior Gaia dalam wawancara dengan jaringan televisi Globo News.

"Kami semua berbaring di lantai, takut mereka akan menyerbu rumah-rumah," tambahnya.

Serangan terjadi hanya sehari setelah insiden serupa menyerang kota Criciuma di Brasil Selatan, negara bagian Santa Catarina. Puluhan pria bersenjatakan senapan serbu dilaporkan merebut kota dan menyandera orang-orang untuk merampok bank.

Seperti di Cameta, mereka menghalangi polisi dengan melepaskan tembakan ke udara.

"Itu tidak akan terjadi tanpa perencanaan. Ini adalah demonstrasi lain bahwa semuanya sudah direncanakan. Mereka memikirkan lokasinya, dan waktunya," kata Cassio Thyone, anggota dewan dari Forum Brasil nirlaba tentang Keamanan Publik kepada Associated Press.

Dia menambahkan, pada tahap ini tidak mungkin untuk menyebut dua insiden itu dikoordinasikan oleh kelompok yang sama. Tapi di masa lalu, lingkaran kejahatan terorganisir dan perdagangan narkoba yang kuat di Brasil dicurigai terlibat dalam serangan semacam itu.

(ans/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK