PM Spanyol Isolasi usai Temui Macron yang Positif Corona

CNN Indonesia | Kamis, 17/12/2020 19:20 WIB
PM Spanyol, Pedro Sanchez, melakukan isolasi mandiri setelah bertemu Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang positif Covid-19. Presiden Prancis, Emmanuel Macron. (AP/Olivier Hoslet)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, akan melakukan isolasi mandiri selama satu pekan setelah mengetahui Presiden Prancis, Emmanuel Macron, positif terinfeksi virus corona (Covid-19), Kamis (17/12).

Isolasi mandiri dilakukan Sanchez setelah dirinya bertemu dan makan siang dengan Macron pada 14 Desember lalu.

"Perdana Menteri Sanchez akan segera melakukan pemeriksaan diagnosa untuk memastikan kondisinya. PM Sanchez kemudian akan memutuskan mengatur agenda dan dinasnya dalam beberapa hari ke depan setelah hasil pemeriksaan keluar," bunyi pernyataan kantor Sanchez seperti dikutip The Guardian.


Sanchez menuturkan dia akan melakukan karantina hingga 24 Desember mendatang atau 10 hari setelah pertemuan dengan Macron.

Selain Sanchez, Sekretaris Jenderal Organisation of Economic Co-operation and Development (OECD), Angel Gurria, dan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, juga menghadiri jamuan makan siang tersebut dan bertemu dengan Macron.

Michel tak lama menuturkan dirinya juga akan melakukan isolasi mandiri.

Beberapa hari sebelum dinyatakan positif, Macron masih melakukan beberapa pertemuan dengan sejumlah pejabat asing.

Macron akan menjalani isolasi mandiri selama sepekan ke depan. Kantor Kepresidenan Prancis menuturkan Macron melakukan tes corona setelah menunjukkan gejala.

Hasil pemeriksaan Macron memang baru keluar hari ini.

Perdana Menteri Prancis, Jean Castex, juga menjalani isolasi mandiri setelah sempat bertemu Macron.

(rds/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK