AS Wajibkan Pengunjung dari Inggris Bebas Covid

CNN Indonesia | Jumat, 25/12/2020 14:54 WIB
AS melarang pengunjung asal Inggris memasuki wilayah mereka tanpa menyertakan surat pernyataan bebas covid maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. AS larang pengunjung dari Inggris memasuki wilayah mereka tanpa sertifikat bebas covid-19. Ilustrasi. (StokPic).
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat melarang pengunjung dari Inggris memasuki wilayah mereka tanpa menyertakan surat pernyataan negatif covid-19 maksimal 72 jam setelah keberangkatan. Larangan ini akan berlaku mulai Senin (28/12).

Hal tersebut disampaikan otoritas AS pada Kamis (25/12), menyusul langkah sejumlah negara lain yang mengetatkan kunjungan dari Inggris demi mencegah penyebaran varian corona baru dari negara tersebut.

"Persyaratan pemeriksaan tambahan ini akan memperkuat perlindungan kami terhadap masyarakat Amerika untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan mereka, dan memastikan perjalanan internasional yang bertanggung jawab," kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dikutip AFP pada Jumat (25/12).


Sebelumnya, AS melarang sepenuhnya kedatangan warga negara asing yang mengunjungi Inggris dalam kurun waktu dua minggu sebelum keberangkatan.

Beberapa maskapai, seperti British Airways dan Delta, telah menyetujui aturan baru tersebut. Mereka hanya akan mengizinkan penumpang dari Inggris yang sudah dinyatakan negatif untuk berangkat ke New York.

Pengetatan kedatangan internasional di sejumlah negara mulai dilakukan karena munculnya mutasi varian baru virus Sars-Cov2 di South Wales, Inggris. Virus juga ditemukan pada beberapa negara di Eropa dan Australia.

(fey/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK