Presiden Portugal Negatif Corona Setelah Sempat Positif

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 04:56 WIB
Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, dinyatakan negatif virus corona (Covid-19) setelah di hari yang sama divonis positif. Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa. (AFP/CARLOS COSTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, dinyatakan negatif virus corona (Covid-19) setelah di hari yang sama divonis positif mengidap virus serupa SARS tersebut.

Pejabat Portugal menuturkan hasil tes corona yang dilakukan Marcelo pada Senin (11/1) siang menyatakan presiden 72 tahun itu positif Covid-19 tanpa gejala.

Sang presiden, kata para pejabat Portugal, langsung diisolasi di Istana Presiden di Lisbon dan membatalkan seluruh kegiatan publiknya.


Namun, menurut pernyataan terbaru Istana Kepresidenan, hasil tes yang dilakukan Marcelo pada malam hari menyatakan dirinya negatif corona.

"Namun, presiden akan tetap dalam isolasi sambil menunggu menjalani tes konfirmasi," kata pejabat Portugal seperti dikutip AFP.

Kondisi yang dialami Marcelo ini berlangsung dua minggu sebelum pemilihan umum Portugal berlangsung. Marcelo diprediksi memenangkan pemilihan umum tersebut.

Saat ini, Portugal tengah menerapkan penguncian wilayah atau lockdown baru setelah mencatat rekor 122 kematian akibat corona dalam 24 jam terakhir.

Portugal juga mencatat 4.000 kasus corona baru dalam 24 jam terakhir pada awal pekan ini.

Pada Rabu pekan lalu, Presiden Marcelo sempat menjalani "isolasi administratif" selama beberapa jam setelah seorang anggota rombongannya dinyatakan positif corona.

Namun, Presiden Marcelo saat itu tidak segera dikarantina lantaran kontaknya dengan pasien dianggap tidak erat dan cenderung jauh.

(rds/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK