50 Negara Gelar Vaksinasi Covid dan Sederet Masalah Membelit

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 14:02 WIB
Sekitar 50 negara di dunia saat ini sudah melakukan vaksinasi virus corona. 50 negara di dunia saat ini telah memulai program vaksinasi corona. (Foto: AP/John Cairns)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekitar 50 negara di dunia dikabarkan telah melakukan vaksinasi virus corona per Senin (11/1).

Ahli Penyakit Menular Amerika Serikat Anthony Fauci mengatakan diperkirakan 70-90 persen dari 7,8 miliar orang di dunia perlu menerima vaksin sebelum mencapai "kekebalan kelompok (herd immunity)" yang diperlukan untuk kembali ke kehidupan normal.

[Gambas:Instagram]


Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menuturkan "ada masalah yang jelas bahwa masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah belum menerima vaksin tersebut". Hal itu disampaikan di tengah banyak negara yang tengah melakukan program vaksinasi.

Di Inggris, hanya beberapa pekan setelah menjadi negara pertama di dunia yang memulai vaksinasi warga, pemerintah setempat menghadapi pertanyaan mengenai berapa banyak dosis yang tersedia.

Dilansir CNN, Senin (11/1), Kota Birmingham di Inggris pekan lalu melaporkan kehabisan vaksin Pfizer-BioNTech.

"Pertanyaannya di Inggris adalah, apakah ada masalah pasokan, atau apakah ada masalah dengan infrastruktur untuk peluncuran? Dan kami sebenarnya tidak tahu itu. Produsen mengatakan tidak ada masalah pasokan, tapi pemerintah mengatakan sebaliknya," kata Martin McKee, profesor kesehatan masyarakat Eropa di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Sebuah laporan dari Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat Inggris (SAGE) juga mendesak pemerintah untuk transparan tentang pasokan vaksin.

Ketika CNN bertanya berapa banyak dosis yang telah dikirimkan, pejabat pemerintah Inggris mengatakan mereka tidak dapat memberikan rincian mengenai ukuran pasokan dan pengiriman di masa mendatang karena alasan keamanan.

Sejak Inggris memulai vaksinasi pada 8 Desember, sekitar 2 juta orang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Tapi Perdana Menteri Boris Johnson berjanji akan meningkatkan vaksinasi menjadi 2 juta orang per pekan.

Sementara di Kanada, Perdana Menteri Justin Trudeau mengaku frustrasi melihat vaksin berada di freezer dan bukannya di tangan orang. Hingga Minggu, Kanada berhasil memberikan sekitar 315 ribu dosis vaksin sejak kampanye vaksinasi diluncurkan pada 14 Desember.

Sejauh ini wabah covid-19 di seluruh dunia mencapai lebih dari 92 juta kasus dan lebih dari 1,9 juta kematian.

(ans/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK