Biden Dilarang Naik Kereta Komuter Jelang Pelantikan

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 20:48 WIB
Presiden terpilih AS, Joe Biden, tidak diizinkan lagi menumpang kereta komuter menjelang pelantikan karena alasan keamanan. Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden. (AP/Carolyn Kaster)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, tidak diizinkan lagi menumpang kereta komuter menjelang pelantikan dari rumahnya di Wilmington, Delaware, menuju Washington D.C., karena alasan keamanan.

Dilansir Associated Press, Kamis (14/1), keputusan itu disampaikan seorang sumber yang mengetahui langsung keputusan yang dibuat oleh aparat keamanan di Washington D.C.

Aparat keamanan di Washington D.C., dan di seluruh AS saat ini bersiaga terhadap ancaman kerusuhan saat pelantikan Biden. Sorotan diarahkan kepada kelompok pendukung Presiden Donald Trump, karena sempat menyerbu gedung Kongres pada 6 Januari lalu.


Padahal selama ini Biden adalah salah satu pengguna setia kereta komuter yang dikelola perusahaan kereta api Amtrak. Perjalanan dari rumah Biden menuju Washington D.C., menghabiskan waktu selama 90 menit.

Kereta api menjadi moda transportasi utama Biden selama 36 tahun berkarir menjadi senator.

Biden rela pergi pagi hari dan pulang malam ketika baru menjabat menjadi senator pada 1972 untuk mengurus kedua anak lelakinya, Beau dan Hunter.

Penyebabnya adalah saat itu istri pertama Biden, Neilia Hunter Biden, dan anak perempuannya, Naomi, meninggal dalam kecelakaan mobil.

Karena setiap hari selalu menumpang kereta api untuk bekerja di Gedung Kongres (Capitol Hill), Biden akhirnya berteman akrab dengan para kondektur dan karyawan Amtrak lainnya.

Bahkan setelah masa jabatan keduanya sebagai wakil presiden AS berakhir pada 2016, Biden pulang ke rumahnya di Wilmington dengan menumpang kereta api.

Selama berkampanye pada pemilihan presiden 2020, Biden juga menumpang kereta untuk menemui pendukungnya di Ohio dan Pennsylvania.

Mengenai ancaman kerusuhan, Biden menyatakan dia tidak takut dan tetap meminta dilantik di ruang terbuka, tepatnya di pelataran Capitol Hill, seperti para presiden AS sebelumnya.

Biden dan Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris, akan dilantik pada 20 Januari mendatang.

Saat ini Dewan Perwakilan sepakat mengusulkan supaya Trump dimakzulkan karena tindakan dan perbuatannya dengan menolak hasil pilpres dan menyebut ada indikasi kecurangan, serta mengajak pendukungnya menolak pengesahan kemenangan Biden-Harris, dinilai membahayakan nilai-nilai demokrasi dan menyulut kerusuhan. Dia menjadi satu-satunya presiden AS sampai saat ini yang dua kali diusulkan untuk dimakzulkan.

Trump menyatakan tidak akan menghadiri pelantikan Biden, dan hanya akan diwakili oleh Wakil Presiden Mike Pence.

(Associated Press/ayp/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK