Kebakaran di Kamp Tunawisma, Latihan Pelantikan Biden Disetop

CNN Indonesia | Selasa, 19/01/2021 00:10 WIB
Latihan jelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden dihentikan setelah terjadi kebakaran di kamp tunawisma yang berjarak 1,6 km dari Capitol Hill. Latihan jelang pelantikan Biden disetop setelah terjadi kebakaran di kamp tunawisma dekat Capitol Hill. (Foto: REUTERS/ERIN SCOTT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gedung Capitol Hill ditutup sementara pada Senin (18/1) di tengah latihan gladi bersih pelantikan Presiden terpilih Joe Biden setelah terjadi kebakaran di kamp tunawisma. Kebakaran berjarak sekitar 1,6 meter hingga membuat kepulan asap dan memicu masalah keamanan di sekitar Kompleks Capitol Hill.

Kendati demikian, aparat penegak hukum mengatakan jika kebakaran yang terjadi di kamp tunawisma tidak memicu ancaman bagi publik dan proses pelantikan secara keseluruhan.

Beberapa peserta yang hadir dalam latihan gladi bersih dievakuasi. Gedung Capitol Hill sempat ditutup sementara. Petugas pemadam kebakaran dikerahkan dan berhasil memadamkan api dalam dengan cepat.


Mengutip Associated Press, latihan tersebut tidak dihadiri oleh Biden dan pejabat VIP lainnya.

Juru bicara kepolisian Capitol Hill, Eva Malecki mengatakan jika kebakaran tidak menjalar hingga ke area luar atau dalam bangunan.

"Anggota dan staf disarankan untuk berlindung di tempat saat insiden tersebut sedang diselidiki," tulisnya dalam sebuah pernyataan.

Petugas keamanan yang berjaga meminta orang-orang yang berada di sekitar Gedung Capitol meminta mereka untuk menyelamatkan diri ke lokasi aman. Mereka mengatakan jika kebakaran bukan bagian dari latihan jelang pelantikan.

Gedung Capitol Hill kembali dibuka sejam setelah kebakaran di kamp tunawisma berhasil dipadamkan dan kondisi di sekitarnya dirasa aman.

Keamanan di dalam dan sekitar Capitol Hill dalam sepekan terakhir diperketat untuk mempersiapkan pelantikan Biden. Puluhan ribu petugas keamanan dikerahkan di sekitar Capitol Hill, sejumlah ruas jalan diblokir, dan pagar tinggi dipasang.

Pengetatan keamanan dilakukan terutama setelah terjadi kerusuhan oleh massa pendukung Donald Trump yang menyerang Capitol Hill. Massa menolak proses penghitungan suara elektoral (electoral college) untuk mengukuhkan kemenangan Biden atas Trump.

(AP/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK