Kamala Harris dan Suami Akan Hadiri Perpisahan Wapres Pence

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 11:43 WIB
Wapres terpilih AS, Kamala Harris, akan menghadiri upacara perpisahan pendahulunya, Wapres Mike Pence, usai pelantikan pada Rabu (20/1). Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence (kiri), dan Wakil Presiden terpilih, Kamala Harris. (AP Photo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden terpilih Amerika SerikatKamala Harris dan suami, Dough Emhoff, akan menghadiri upacara perpisahan pendahulunya, Wakil Presiden Mike Pence, beserta keluarganya usai pelantikan pada Rabu (20/1).

Sumber CNN menuturkan Harris dan Emhoff akan mengantarkan Pence dan keluarga memasuki rombongan mobil mereka usai acara pelantikan presiden dan wapres di Gedung Capitol Hill.

Empat tahun lalu, keluarga Pence juga melakukan hal serupa kepada Joe Biden, yang kini menjadi Presiden Terpilih AS.


Empat tahun lalu, Pence mengantarkan Biden pulang dari Capitol Hill setelah dilantik. Saat itu, Biden menjabat sebagai Wakil Presiden Barack Obama.

Tindakan ini sesuai protokol dan tradisi kepresidenan AS. Namun, tahun ini, Presiden Donald Trump menolak menghadiri pelantikan penerusnya, Biden.

Trump menjadi presiden pertama AS sejak 150 tahun terakhir yang menolak hadir dalam pelantikan penerusnya.

Trump bahkan berencana pergi dari Washington D.C pada Rabu pagi sebelum pelantikan Biden berlangsung.

Sejauh ini, Gedung Putih tidak mengeluarkan jadwal kegiatan Trump secara detail di hari terakhirnya menjabat sebagai presiden.

Gedung Putih hanya memaparkan bahwa Trump akan meninggalkan Washington D.C., hari ini pukul 08.00 waktu setempat.

Dalam jadwal Trump juga tidak disebutkan upacara perpisahan presiden di Pangkalan Militer Andrew yang semula dijadwalkan.

"Presiden dan Ibu Negara akan pergi meninggalkan Gedung Putih pada pukul 08.00 menuju Palm Beach, Florida," bunyi jadwal Trump yang dirilis Gedung Putih.

(rds/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK