Biden Disumpah Pakai Alkitab yang Sama Saat Jadi Wapres

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 00:59 WIB
Joe Biden diambil sumpah menjadi presiden AS menggunakan Alkitab yang sama dengan yang ia gunakan saat dilantik sebagai wapres pada 2009 dan 2013. Presiden AS Joe Biden saat diambil sumpah dalam pelantikan di Gedung Capitol Hill. (Foto: AP/Andrew Harnik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Joe Biden resmi dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat pada Rabu (20/1) siang di Washington DC.

Biden diambil sumpah menggunakan Alkitab yang sama dengan yang ia gunakan saat dilantik sebagai Wakil Presiden pada 2009 dan 2013 silam.

Alkitab setebal lima inci dengan tanda salib Celtic di sampulnya itu telah menjadi bagian dari keluarga Biden sejak 1893.



Selain digunakan untuk mengambil sumpah sebagai Wapres, Biden juga menggunakan Alkitab itu di tujuh sumpah lainnya dalam jabatannya di Senat sejak 1973.

Wilmington News Journal melaporkan, bahkan saat pelantikan Biden sebagai Wapres pada 2009, pengambilan sumpah harus ditunda karena Alkitab tidak dapat ditemukan.

Selain Biden, mendiang putranya Beau yang meninggal pada 2015, juga menggunakan Alkitab tersebut ketika dilantik sebagai Jaksa Agung Delaware pada 2007.


"Setiap tanggal penting ada di sana. Misalnya, setiap kali saya dilantik untuk apa pun, tanggalnya selalu sama, dan itu tertulis di Alkitab," kata Biden kepada Stephen Colbert pada Desember 2020.

"Putra kami ketika dia dilantik sebagai jaksa agung, dan semua tanggal penting dalam keluarga kami, sejak dulu. Dan itu adalah pusaka keluarga," ujar dia.


Biden pada Rabu (20/1) diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts, sementara Wakil Presiden Kamala Harris disumpah oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor.

Biden dan Harris resmi memimpin AS setelah mengalahkan petahana Donald Trump dan Mike Pence dalam Pilpres November lalu.

(ans/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK