China Akan Sumbang 500 Ribu Dosis Vaksin Corona ke Pakistan

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 12:03 WIB
China akan menyumbang 500 ribu dosis vaksin corona secara gratis kepada Pakistan. China akan memberikan 500 ribu dosis vaksin corona gratis kepada Pakistan. (Foto: AFP/NOEL CELIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

China akan menyumbangkan 500 ribu dosis vaksin corona secara gratis kepada Pakistan. Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mahmood Qureshi mengatakan jika pemerintah menghargai pemberian tersebut.

"Pakistan sangat menghargai 500 ribu dosis vaksin yang diberikan oleh China," kata Qureshi pada Kamis (21/1).

Sumbangan vaksin yang diberikan China terjadi ketika Pakistan mengalami lonjakan infeksi corona hingga mencapai 527.146 kasus dan lebih dari 11 ribu kematian.


"China telah meyakinkan kami bahwa pengiriman pertama 500 ribu dosis akan bebas biaya [gratis] dan akan tiba pada akhir Januari," ucapnya.

Mengutip AFP, Qureshi mengatakan jika China berjanji akan mengirimkan lagi 1 juta dosis vaksin di akhir Februari.

Saat ini pemerintah Pakistan telah mengeluarkan izin darurat penggunaan vaksin Sinopharm.

China sebelumnya juga menjanjikan untuk memberikan satu juta dosis vaksin Covid-19 secara gratis kepada Filipina, Kamboja. dan Myanmar.

Kabar pemberian vaksin secara gratis bukan hanya pertama kali diungkap oleh Beijing. Dalam beberapa tahun terakhir China telah memfokuskan pada proyek-proyek pembangunan, mendanai pembangunan infrastruktur, pembangkit listrik, dan pelabuhan strategis di Pakistan.

Baru-baru ini China juga melibatkan Pakistan untuk turut serta dalam uji coba vaksin corona yang sedang mereka kembangkan.

(AFP/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK