Mesir Kampanye Vaksin Covid Buatan China Minggu Ini

CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 09:46 WIB
Mesir meluncurkan kampanye penggunaan vaksin covid-19 hasil produksi Sinopharm pada Minggu (24/1). Itu dimulai dari petugas medis dan penderita penyakit kronis. Mesir akan mulai melakukan kampanye vaksin covid-19 hasil produksi Sinopharm pada Minggu (24/1) ini. Ilustrasi. (Ilustrasi. (iStockphoto/sittithat tangwitthayaphum).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada Sabtu (23/1) kemarin mengumumkan negaranya akan meluncurkan kampanye vaksinasi covid-19 secara massal menggunakan vaksin Sinopharm buatan China Minggu (24/1) ini.

Kampanye akan dimulai dengan melakukan vaksinasi pada petugas medis.

"(Setelah itu) diikuti oleh mereka yang menderita penyakit kronis dan kemudian orang tua," kata Sisi dalam komentar singkat usai mengungkap beberapa proyek pembangunan di Port Said.


Melansir AFP pada Minggu (24/1), negara terpadat di Teluk Arab tersebut sebenarnya telah menerima gelombang pertama vaksin Sinopharm pada Desember lalu. Pihak perusahaan mengklaim vaksinnya 79 persen efektif melawan virus corona.

Awal bulan ini, Menteri Kesehatan Hala Zayed menuturkan Mesir juga akan menerima 40 juta dosis vaksin corona. Sebagian besar vaksin itu berasal dari dari AstraZeneca-Oxford melalui aliansi vaksin Gavi yang bertujuan untuk menginokulasi 20 persen dari lebih dari 100 juta populasinya.

Sejauh ini, Mesir melaporkan lebih dari 160 ribu infeksi covid-19 termasuk lebih dari 8.850 kematian.

Pejabat kesehatan setempat memperingatkan jika tingkat pengujian yang rendah dapat diartikan bahwa jumlah infeksi sebenarnya dapat sepuluh kali lebih tinggi.

(ans/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK