Biden Copot Dokter Kepresidenan Era Trump

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 20:56 WIB
Presiden AS Joe Biden mencopot dokter kepresidenan era pemerintahan Donald Trump, Sean Conley dan menggantinya dengan Kevin O'Connor. Presiden AS Joe Biden. (Foto: AFP/Michael M. Santiago)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mencopot dokter kontroversial Gedung Putih, Dr. Sean Conley. Conley merupakan dokter yang sempat menangani Donald Trump ketika ia didiagnosa terinfeksi virus corona.

Biden menunjuk Dr. Kevin O'Connor sebagai pengganti Conley.

Conley kala itu sempat memicu kontroversi ketika ia merekomendasikan obat yang justru membuat Trump mengalami sesak napas sehingga harus menggunakan oksigen tambahan.


O'Connor sendiri bukan sosok baru bagi Biden. Ia merupakan sosok pensiunan kolonel Angkatan Darat AS yang bertugas di Divisi Lintas Udara ke-82, Resimen Penjaga 75, dan Komando Opreasi Khusus Angkatan Darat AS di masa Biden menjadi wapres mendampingi Barack Obama.

Sosok O'Connor juga terlibat dalam tes kelayakan Biden ketika hendak ditunjuk sebagai wapres pada 2019 lalu.

Mengutip CNN, dokter Gedung Putih bertanggung jawab atas perawatan medis presiden, keluarga, dan staf yang bekerja di sana. Mereka juga bertugas mengawasi tim dokter dan perawat yang terdiri dari Unit Medis Gedung Putih.

Dokter Gedung Putih akan ikut melakukan perjalanan ke mana pun presiden pergi bertugas, termasuk ketika menumpang helikopter Marine One dan Air Force One.

Sejak hari pertama menjabat sebagai presiden, Biden sebelumnya juga telah memecat staf Gedung Putih yang bekerja di bawah kepemimpinan Trump dan bos VOA, Michael Pack.

Pack merupakan sosok yang sangat dekat dengan Trump dan dilantik menjadi kepala Badan Media Global AS pada Juni 2020. Selama menjabat Pack membuat geger karena dianggap mengubah organisasi berita menjadi media propaganda Trump.

(CNN/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK