Sepak Terjang Sineenat, Selir Raja hingga Jadi Ratu Thailand

CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 17:35 WIB
Sineenat Wongvajirapakdi yang merupakan selir di Kerajaan Thailand dilaporkan diangkat menjadi ratu kedua oleh Raja Maha Vajiralongkorn Raja Thailand, Rama X Maha Vajiralongkorn, bersama dengan selir Sineenat Wongvajirapakdi. (AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sosok Sineenat Wongvajirapakdi yang merupakan selir di Kerajaan Thailand kembali mencuat, setelah Raja Rama X Maha Vajiralongkorn (68) mengangkatnya menjadi ratu kedua pada 26 Januari lalu.

Keputusan Raja Vajiralongkorn itu disebut sebagai hadiah ulang tahun ke-36 bagi Sineenat. Namun, Sineenat juga dinilai menjadi salah satu selir yang sepak terjangnya kontroversial.


Mantan perawat

Sineenat yang bernama asli Niramon Ounprom mulanya adalah seorang perawat di Angkatan Darat Thailand. Dia menjadi angkatan ke-41 dan lulus pada 2008.


Dia adalah anak dari pasangan suami istri Wirat Ounprom dan Pranee Ounprom. Dia lahir di Distrik  Tha Wang Pha, Provinsi Nan pada 26 Januari 1985.


Ajudan Raja

Karir Sineenat melesat dan menyandang pangkat kolonel pada 2015. Dia lalu direkrut menjadi salah satu anggota Pasukan Pengawal Kerajaan unit 904.

Dia mengenyam pendidikan militer seperti terjun payung hingga pertempuran hutan.

Sineenat juga belajar menjadi pilot di Jerman pada 2018, dan ikut menempuh pendidikan menerbangkan jet tempur di Angkatan Udara Thailand. Saat ini Sineenat menyandang pangkat mayor jenderal.


Selir Raja Thailand

Saat menjadi pengawal kerajaan itulah hubungan asmara antara Sineenat dan Raja Vajiralongkorn terjalin.

Perempuan dengan nama panggilan Koi itu lantas mengubah namanya dan diberi gelar Chao Khun Phra Sineenat Bilaskalayani.

Royal noble consort Sineenat Bilaskalayani, also known as Sineenat Wongvajirapakdi, smiles as Thailand's King Maha Vajiralongkorn and Queen Suthida greet royalist supporters outside the Grand Palace in Bangkok on November 1, 2020 after a religious ceremony at a Buddhist temple inside the palace. (Photo by Jack TAYLOR / AFP)Selir raja Thailand yang diangkat menjadi ratu, Sineenat Wongvajirapakdi. (AFP/JACK TAYLOR)


Sempat dipenjara

Pada 21 Oktober 2019, Raja Vajiralongkorn memerintahkan pengawal kerajaan menangkap Sineenat. Raja Vajiralongkorn juga mencabut seluruh gelar kerajaan dan kepangkatan militer Sineenat.

Penyebabnya adalah Sineenat bertikai dengan istri Raja Vajiralongkorn, Permaisuri Suthida Bajrasudhabimalalakshana, yang diangkat menjadi ratu.

Raja Vajiralongkorn lantas mengampuni dan membebaskan Sineenat pada 27 Agustus 2020. Seluruh gelar dan kepangkatan militer Sineenat pun dipulihkan.

Skandal foto syur

Lebih dari seribu foto syur milik Sineenat beredar luas di masyarakat Thailand. Foto itu diduga disimpan dalam ponselnya yang disita saat dia ditangkap.

Diduga Sineenat sengaja mengambil foto itu secara pribadi dan mengirimkannya kepada Raja Vajiralongkorn. Kemudian, foto itu diduga disebar oleh orang-orang yang tidak suka dengan sikapnya atau oleh pendukung Ratu Suthida.

(ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK