Israel Akan Kirim Vaksin Covid-19 Tak Terpakai ke Palestina

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 05:08 WIB
Israel menyatakan bahwa mereka akan mengirimkan vaksin Covid-19 yang tak terpakai untuk warga Palestina dan sejumlah negara lain. Ilustrasi. (iStockphoto/Vladans)
Jakarta, CNN Indonesia --

Israel menyatakan bahwa mereka akan mengirimkan vaksin Covid-19 yang tak terpakai untuk warga Palestina dan sejumlah negara lain.

"Sebulan belakangan, sejumlah vaksin tak terpakai menumpuk. Untuk itu, kami memutuskan untuk membantu tim medis Palestina dan sejumlah negara lainnya yang menghubungi Israel dengan mengirimkan vaksin," demikian pernyataan kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang dikutip AFP, Selasa (23/2).

Meski demikian, pernyataan tersebut tak menjabarkan negara mana saja yang mendapatkan bantuan vaksin tersebut.


Sementara itu, negara yang tahun lalu menyatakan bakal memindahkan kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, Ceko, mengaku mendapatkan 5.000 dosis vaksin Moderna dari negara Yahudi tersebut.

"Ini merupakan hadiah dari Israel untuk Republik Ceko," ujar Tunde Bartha selaku kepala kantor Perdana Menteri Ceko, Anrej Babis.

Sebelumnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sejumlah kelompok pemerhati hak asasi manusia juga sudah menyatakan bahwa Israel punya tanggung jawab di bawah hukum internasional untuk melakukan vaksinasi terhadap warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Setelah itu, Israel pun mengirimkan beberapa ribu dosis vaksin ke Tepi Barat untuk tim medis Palestina di kawasan tersebut.

Untuk negaranya sendiri, Israel sudah memulai program vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech, terhadap lebih dari tiga juta warganya.

(has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK