Angkatan Udara AS-Saudi Mulai Latihan Bersama

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 11:25 WIB
Angkatan Udara Arab Saudi menggelar latihan bersama Angkatan Udara Amerika Serikat di tengah polemik hubungan kedua negara. Ilustrasi jet tempur F-18 Angkatan Udara Amerika Serikat. (LCPL JOHN MCGARITY, USMC via Wikimedia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Angkatan Udara Arab Saudi menggelar latihan bersama Angkatan Udara Amerika Serikat di pesisir barat negara di Timur Tengah tersebut pada Minggu (28/2).

Kementerian Pertahanan Saudi menuturkan latihan tersebut dijuluki Latihan Naga yang berfokus pada uji coba taktik pencegatan, simulasi perang, simulasi serangan balasan, dan latihan menekan musuh di udara, seperti dikutip Arab News.

Melalui pernyataan Kemhan Saudi, latihan itu dilakukan untuk "melanjutkan operasi bersama kedua angkatan udara dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan."


Riyadh juga memaparkan latihan bersama itu dilakukan untuk semakin menyelaraskan taktis dan integrasi antara pasukan kedua negara.

Pada awal Februari lalu, angkatan udara kedua negara juga telah menggelar latihan serupa. Latihan militer saat itu berfokus pada upaya memerangi drone atau pesawat nirawak musuh.

Sebab, drone selama ini kerap digunakan banyak pihak dalam konflik di Timur Tengah.

Drone juga kerap digunakan sejumlah kelompok militan, seperti pemberontak Houthi di Yaman.

Kelompok Houthi, yang didukung Iran, sudah berulang kali meluncurkan roket atau drone untuk menyerang Saudi.

Sementara itu, Iran merupakan musuh bebuyutan Saudi dan AS. Riyadh dan Washington selama ini berupaya membendung pengaruh Iran di kawasan yang kian meluas.

(rds/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK