Korban Kematian Corona Brasil Sehari Tembus 1.600 Orang

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 07:44 WIB
Brasil mencatat rekor jumlah korban kematian dalam sehari akibat virus corona sebanyak 1.641 orang pada Selasa (2/3). Ilustrasi pemakaman korban virus corona di Brasil. (AP/Leo Correa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Brasil mencatat rekor jumlah korban kematian dalam sehari akibat virus corona (Covid-19) sebanyak 1.641 orang pada Selasa (2/3).

Dilansir Reuters yang mengutip data Kementerian Kesehatan Brasil, Rabu (3/3), jumlah kematian akibat Covid-19 dalam satu hari mengalahkan rekor pada akhir Juli 2020 lalu, yaitu sebanyak 1.595 orang.

Brasil juga mencatatkan kenaikan jumlah kasus virus corona, dan membuat rumah sakit penuh dan tenaga medis kewalahan.


Sampai saat ini tercatat ada hampir 10.6 juta penduduk Brasil terinfeksi virus corona.

Sedangkan jumlah korban meninggal mencapai lebih dari 257 ribu orang.

Kondisi itu membuat Brasil menjadi negara kedua dengan tingkat kematian tertinggi akibat Covid-19 setelah Amerika Serikat.

Sejumlah pemerintah negara bagian Brasil menyatakan bakal patungan untuk membeli vaksin virus corona dan tidak menunggu dari pemerintah pusat. Sebab mereka menilai program vaksinasi pemerintah pusat terlalu lamban.

Kendati demikian, pemerintah Brasil juga harus mewaspadai sindikat penjual vaksin palsu yang mulai berkeliaran memanfaatkan kesempatan.

Pada pertengahan Februari lalu, Kepolisian Brasil tengah menyelidiki dugaan penipuan vaksinasi corona di Kota Rio de Janeiro.

Penyelidikan dilakukan setelah polisi mendapat laporan sejumlah foto yang memperlihatkan sekelompok petugas medis menyuntikkan jarum suntik dengan tabung kosong tanpa isi vaksin Covid-19 ke lengan beberapa lansia.

Kepolisian meminta petugas medis dan pemerintah daerah membantu mengklarifikasi dugaan tersebut. Polisi juga ingin memastikan apakah dosis-dosis vaksin yang telah disiapkan pemerintah selama ini benar-benar digunakan tepat sasaran.

Polisi setidaknya sudah menerima tiga laporan kasus serupa di Rio de Janeiro. Media lokal melaporkan para petugas medis memberikan suntikan palsu dengan tabung jarum suntik yang kosong.

(ayp/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK