Ambulans Tabrak Bom di Jalan Burkina Faso, Ibu Hamil Tewas

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 19:46 WIB
Ambulans sarat penumpang menabrak bom di jalan raya Burkina Faso hingga mengakibatkan enam orang tewas, salah satunya wanita hamil. Ilustrasi ledakan. (Istockphoto/ RamonCast)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ambulans sarat penumpang menabrak bom di jalan raya Burkina Faso hingga mengakibatkan enam orang tewas, salah satunya wanita hamil.

Juru Bicara pemerintah Ousseni Tamboura mengatakan ambulans dari distrik Djibo menabrak sebuah ranjau, Selasa (2/3) waktu setempat.

"Sebuah ambulans dari distrik kesehatan Djibo menabrak sebuah ranjau di jalan antara Gaskinde dan Namissiguia di wilayah Sahel," ujar Tamboura dalam sebuah pernyataan.


"Insiden pengecut dan biadab ini terjadi ketika ambulans sedang mengangkut orang ke Ouagadougou," ujarnya.

Enam korban itu adalah seorang wanita hamil, suaminya, dua wanita yang menemani. Kemudian seorang gadis muda dan sopir ambulans.

Burkina Faso, seperti tetangganya Mali dan Niger kerap menghadapi serangan kelompok jihadis, terutama di wilayah bagian utara dan timur.

Sebelumnya, pada 22 Februari dua wanita tewas ketika gerobak mereka menabrak bom rakitan di provinsi Yagha, di bagian utara.

Tercatat, lebih dari 1.200 orang tewas dan sekitar satu juta orang melarikan diri dari kekerasan yang terjadi di Burkina Faso sejak 2015.

Menurut perhitungan AFP, hampir 200 orang tewas dalam serangan dengan alat peledak improvisasi (IED) sejak penggunaannya mulai meningkat pada 2018. Bom itu diketahui sering digunakan dalam penyergapan.

(isa/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK