Negara Eropa Setop Sementara Penggunaan Vaksin AstraZeneca

CNN Indonesia
Selasa, 16 Mar 2021 02:24 WIB
Beberapa negara besar di Uni Eropa menghentikan sementara waktu penggunaan vaksin AstraZeneca setelah suntik mengakibatkan penerimanya alami pembekuan darah. Sejumlah negara di Eropa menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca untuk sementara waktu. Ilustrasi. (AFP/JOEL SAGET)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa negara besar Uni Eropa seperti Jerman, Prancis, Italia, Spanyol menghentikan penggunaan AstraZeneca pada Senin (15/3). Keputusan yang mereka lakukan mengikuti langkah Irlandia dan Belanda itu mereka ambil sebagai buntut kasus pembekuan darah yang menimpa beberapa penerimannya.

Selain negara di Eropa, Indonesia juga mengatakan akan menunda penggunaan vaksin corona terkait kasus itu. 

Penghentian penggunaan itu menjadi pukulan besar bagi kampanye imunisasi global yang diharapkan para ahli akan membantu mengakhiri pandemi yang selama setahun ini telah menewaskan lebih dari 2,6 juta orang dan menghancurkan ekonomi global.


Kami telah memutuskan untuk menangguhkan penggunaan AstraZeneca sebagai tindakan pencegahan dan berharap dapat melanjutkannya dengan cepat jika saran EMA mengizinkannya," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron seperti dikutip dari CNN.com Senin (15/3).

"EMA akan memberikan penilaiannya besok sore tentang penggunaan vaksin ini," tambahnya.

Sebelumnya European Medicines Agency (EMA) yang mengadakan pertemuan khusus pada Kamis pekan lalu meminta semua negara untuk tenang dan tetap menggunakan vaksin.

Mereka mengatakan lebih baik mendapatkan vaksin daripada tidak sama sekali.

"Manfaat vaksin Astra Zeneca dalam mencegah Covid-19, dengan risiko terkait rawat inap dan kematian, lebih besar daripada risiko efek samping," kata badan itu dalam sebuah pernyataan Senin.

(cnn.com/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER