Ratusan Pemuda Taiwan Ganti Nama Jadi Salmon Gegara Iklan

CNN Indonesia | Jumat, 19/03/2021 01:44 WIB
Pemerintah Taiwan dibuat repot gara-gara ratusan anak muda ingin mengganti nama menjadi salmon demi iklan restoran. Ilustrasi daging ikan Salmon. (FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Taiwan dibuat repot gara-gara ratusan anak muda menyerbu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil karena ingin mengganti nama menjadi salmon.

Ternyata hal itu dilakukan oleh para muda-mudi akibat terbujuk iklan dari sebuah restoran sushi.

Fenomena yang dijuluki "Salmon Chaos" itu bermula dari 150 anak muda yang berbondong-bondong menuju kantor dukcapil setempat untuk mengubah nama mereka.


Pemerintah Taiwan memang mengizinkan seseorang untuk mengubah namanya hingga tiga kali. Namun, alasan yang disampaikan para pemohon juru membuat kesal Wakil Menteri dalam Negeri Taiwan, Chen Tsung-yen.

"Perubahan nama semacam ini tidak hanya membuang waktu tetapi juga menyebabkan dokumen yang tidak perlu," kata Chen kepada wartawan, mengutip AFP, Kamis (18/3).

"Saya berharap semua orang bisa lebih rasional tentang itu, menghargai sumber daya administratif," tambahnya.

Penyebab ratusan penduduk yang ingin ganti nama secara mendadak itu diduga karena rayuan iklan dari sebuah jaringan restoran sushi.

Dalam iklan itu disebutkan calon konsumen bisa berhak mendapat hidangan sushi dan makan sepuasnya dengan mengajak 5 orang asalkan nama mereka yang tertera di kartu tanda penduduk bernama "Gui Yu", yakni bahasa Mandarin untuk ikan salmon.

Beberapa media massa Taiwan sempat bertanya kepada orang-orang yang sudah mengubah namanya demi mendapatkan menu sesuai iklan restoran sushi itu.

"Saya baru saja mengganti nama saya pagi ini untuk menambahkan karakter 'Bao Cheng Gui Yu' dan kami sudah makan lebih dari TW$ 7.000 atau sekitar Rp3 juta," kata seorang mahasiswa bermarga Ma kepada stasiun televisi TVBS di kota Kaohsiung.

Jika diterjemahkan secara kasar, nama baru Ma berarti "Ikan Salmon yang Terlihat Menarik".

"Saya mengubah nama depan saya menjadi salmon dan dua teman saya juga melakukannya," kata seorang wanita bermarga Tung kepada stasiun televisi SET TV.

"Kami hanya akan mengganti nama kami setelah itu (promosi selesai)."

Nama penduduk Taiwan bertema salmon  yang dilaporkan di media lokal termasuk "Salmon Prince", "Meteor Salmon King" dan "Salmon Fried Rice."

Media massa United Daily News melaporkan seorang penduduk memutuskan untuk menambahkan 36 karakter baru ke dalam namanya, kebanyakan bertema makanan laut, termasuk karakter untuk "abalone", "kepiting" hingga "lobster".

(isa/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK