Orang Terkaya Ceko Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

CNN Indonesia | Senin, 29/03/2021 18:32 WIB
Orang terkaya di Ceko, Petr Kellner, meninggal dunia du usia 56 tahun dalam kecelakaan helikopter di Alaska pada pada akhir pekan lalu. Ilustrasi. (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Orang terkaya di Ceko, Petr Kellner, meninggal dunia du usia 56 tahun dalam kecelakaan helikopter di Alaska pada pada akhir pekan lalu.

Jitkan Tkadlecova selaku juru bicara perusahaan milik Kellner, PPF Group, mengatakan bahwa Kellner meninggal dalam kecelakaan yang juga menewaskan lima orang lainnya pada Sabtu (27/3).

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa pendiri PPF Group dan pemegang saham terbesar, Petr Kellner, meninggal secara tragis dalam kecelakaan helikopter di Alaska Range pada Sabtu lalu," ujar Tkadlecova kepada AFP, Senin (29/3).


Tkadlecova menyatakan bahwa hingga saat ini, pihak berwenang masih menyelidiki penyebab kecelakaan helikopter tersebut.

Hingga kini, belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak berwenang. Namun, media Ceko melaporkan bahwa Kellner tewas dalam kecelakaan helikopter yang sedang membawanya berski.

Menurut Tkadlecova, pemakaman akan digelar dalam waktu dekat untuk lingkaran keluarga dekat.

Kellner merupakan orang dengan kekayaan terbanyak di Ceko. Majalah Forbes melaporkan bahwa total kekayaan Kellner pada 2020 mencapai 293 miliar koruna atau setara Rp190,7 triliun.

Ia membangun bisnisnya dengan menjual mesin fotokopi hingga akhirnya mendirikan PPF Group pada 1991, dua tahun setelah kejatuhan komunisme di Cekoslovakia.

Grup dengan aset global bernilai 44 miliar euro itu mencakup Home Credit International, pemberi pinjaman konsumen non-perbankan terbesar di dunia yang banyak bergerak di pasar China.

Baru-baru ini, PPF membeli CME, grup media yang menjalankan perusahaan-perusahaan televisi di Eropa pusat dan timur.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK