Trump Cemooh Biden saat Pidato di Pernikahan Kerabat

CNN Indonesia | Selasa, 30/03/2021 22:40 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, lagi-lagi menggunakan kesempatan berbicara di depan publik untuk menyindir penerusnya, Joe Biden. Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, lagi-lagi menggunakan kesempatan berbicara di depan publik untuk menyindir penerusnya, Joe Biden. (AFP/Mandel Ngan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, lagi-lagi menggunakan kesempatan berbicara di depan publik untuk menyindir penerusnya, Joe Biden.

Kali ini, Trump mengkritik habis kebijakan Biden saat berpidato dalam salah satu acara pernikahan kerabat di resor pribadinya, Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida.

Dalam momen sakral itu, Trump menyinggung berbagai kebijakan pemerintahan Biden, mulai dari masalah dengan China, Iran, hingga aturan imigrasi di perbatasan AS-Meksiko.


Terkait masalah imigrasi, Trump menganggap kebijakan Biden yang membatalkan aturan pengetatan imigran semasa dirinya menjadi presiden sangat buruk dan keliru.

Menurutnya, sejak Biden melonggarkan perbatasan AS, gelombang imigran termasuk anak di bawah umur tanpa pendamping terus mencoba menyeberang masuk.

"Apa yang terjadi dengan anak-anak? Mereka hidup dalam kemelaratan, mereka hidup seperti yang belum pernah dilihat siapa pun," kata Trump merujuk pada kondisi di perbatasan AS seperti dikutip AFP.

Dalam kesempatan itu, Trump juga kembali mengungkit hasil pemilihan presiden pada November 2020 yang ia anggap curang. Menurutnya, hasil pemilu itu menimbulkan pertanyaan tentang integritas hasil pemilu.

Seluruh gugatan Trump dan timnya terkait klaim kecurangan pemilu sendiri sudah dimentahkan oleh pengadilan.

[Gambas:Video CNN]

Dengan nada bergurau, Trump juga terus berbicara mengenai dirinya sendiri dalam pidato pernikahan tersebut.

"Apakah Anda sudah merindukan saya?" tanya Trump kepada para tamu undangan dan pengantin.

Pertanyaan Trump itu disambut dengan sorakan dan tepuk tangan dari para tamu, termasuk teman lama sang mantan presiden, Megan Noderer dan John Arrigo.

Trump baru menyinggung pasangan pengantin yang mengundang dirinya itu di akhir pidato dan memuji mereka.

"Kalian adalah pasangan yang hebat dan cantik," kata Trump.

(rds/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK