Presiden AS Joe Biden Puji Pengabdian Pangeran Philip

CNN Indonesia | Minggu, 11/04/2021 05:30 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan penghormatan kepada mendiang Pangeran Philip. Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan penghormatan kepada mendiang Pangeran Philip.(Getty Images via AFP/Chip Somodevilla).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan penghormatan kepada mendiang Pangeran Philip.

Dilansir dari AFP, Biden mengungkap Pangeran Philip merupakan sosok pria yang sangat baik. Dia menilai Pangeran Philip 'tak pernah melambat' selama hidupnya yang panjang.

Biden menceritakan sosok Pangeran Philip kepada wartawan di Gedung Putih. Dia pun mengaku bersama istrinya, Jill Biden telah mengirimkan belasungkawa kepada Ratu Elizabeth II.


Biden pun memuji pengabdian pangeran untuk Inggris dan Persemakmuran, dan mengingat keberanian pangeran dalam Perang Dunia II. Biden juga mencatat karya amal Pangeran Philip sebagai sosok juara lingkungan.

"Saya pikir dia akan dirindukan, terutama di Inggris. Sembilan puluh sembilan tahun dan tidak pernah melambat sama sekali itu yang saya kagumi," kata Biden.

Sebelumnya, Pangeran Philip meninggal pada usia 99 tahun. Kabar itu disampaikan oleh Istana Kerajaan Inggris Buckingham pada Jumat (9/4).

"Dengan rasa sedih yang mendalam, Yang Mulia Ratu menyampaikan suami tercintanya, Yang Mulia Duke of Edinburgh Pangeran Philip meninggal dunia," demikian isi pernyataan itu.

Menurut keterangan itu, Pangeran Philip mengembuskan napas terakhir di Kastil Windsor. Pemakaman Pangeran Philip akan berlangsung di Kapel St George, Kastil Windsor, pada 17 April 2020.

Upacara pemakaman yang digelar di Windsor akan disiarkan oleh televisi. Namun, tidak akan dihadiri oleh publik karena pembatasan yang digelar selama pandemi corona.

Upacara pemakaman akan didahului oleh mengheningkan cipta secara nasional selama satu menit.

Pada Maret lalu, Pangeran Philip sempat dirawat akibat infeksi dan menjalani bedah jantung.Dia juga pernah terlibat kecelakaan jalan raya beberapa waktu lalu saat mengemudikan mobil seorang diri.

Pangeran Philip yang berdarah Yunani menikah dengan Ratu Elizabeth pada 1947. Dia berperan penting dalam modernisasi Kerajaan Inggris usai Perang Dunia II.

(AFP/age)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK