AS Desak Putin Setop Ketegangan di Ukraina

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 05:57 WIB
Presiden AS Joe Biden sudah menghubungi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghentikan aktivitas militernya. Presiden AS Joe Biden meminta Rusia menghentikan ketegangan di Ukraina (REUTERS/POOL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghentikan ketegangan di Ukraina. Diketahui, aktivitas militer terjadi antara Rusia dengan Ukraina beberapa hari terakhir.

Mengutip AFP, Joe Biden sudah bicara dengan Putin lewat sambungan telepon. Gedung Putih menyatakan bahwa Biden menyoroti aktivitas militer Rusia di sana.

"Biden menyoroti peningkatan aktivitas militer Rusia di Krimea dan perbatasan Ukraina dan meminta Rusia untuk mengurangi ketegangan," mengutip pernyataan Gedung Putih.


Biden, dalam pembicaraannya dengan Putin, juga menegaskan bahwa dirinya bertekad menjalin hubungan baik dengan Rusia. Biden juga mengusulkan ada pertemuan negara-negara dalam beberapa bulan mendatang mengenai hubungan AS dan Rusia.

"Presiden Biden menegaskan kembali bahwa tujuannya adalah membangun hubungan yang stabil dengan konsistensi Rusia menghargai kepentingan AS," mengutip pernyataan Gedung Putih.

Diketahui, ketegangan militer meningkat dalam beberapa hari terakhir antara Rusia dan Ukraina. Peningkatan akvititas militer disebut-sebut lebih sengit ketimbang 2014 lalu ketika perang pecah antara Ukraina dengan kelompok separatis yang dibekingi Rusia.

(AFP/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK