Kapal Barang Israel Kembali Diserang di Perairan Teluk

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 07:37 WIB
Sebuah kapal barang milik perusahaan Israel diserang di dekat lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA). Ilustasi kapal di perairan Teluk. (Morteza Akhoondi/Mehr News Agency via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah kapal barang milik perusahaan Israel dilaporkan diserang di dekat lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA).

Menurut laporan, serangan itu terjadi pada Selasa (13/4) lalu, atau sekitar dua hari setelah insiden sabotase di fasilitas pengayaan uranium Natanz, Iran.

Menurut laporan, kapal milik perusahaan Israel yang diserang itu bernama Hyperion Ray. Dua sumber keamanan maritim menyatakan kapal pengangkut kendaraan itu ditembak rudal di dekat Pelabuhan Fujairah.


Menurut data perjalanan, kapal Hyperion Ray yang berbendera Bahama itu memang dalam perjalanan menuju Pelabuhan Fujairah, UEA, setelah melego jangkar selama 48 jam di Pelabuhan Mina Al Ahmadi, Kuwait.

Dilaporkan tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa itu, seperti dilansir Reuters yang mengutip stasiun televisi Israel, Channel 12, Kamis (15/4).

Kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menolak memberikan pernyataan ketika diminta konfirmasi terkait kejadian itu. Kementerian Perhubungan Israel melalui juru bicara menyatakan tahu soal laporan peristiwa itu, tetapi mereka tidak memberikan konfirmasi.

Pengelola pelabuhan dan aparat keamanan maritim Uni Emirat Arab juga tidak memberikan pernyataan apapun.

Pada Maret lalu, kapal pengangkut peti kemas Helios Ray juga diserang di Teluk Oman. Pemilik kapal Helios Ray dan Hyperion Ray dilaporkan sama.

Iran menyatakan berjanji akan membalas Israel karena dituduh berada di balik sabotase fasilitas nuklir mereka pada akhir pekan lalu. Selepas insiden itu, Iran menyatakan akan menaikkan tingkat pengayaan uranium menjadi 60 persen.

Peringatan Iran membuat sejumlah pihak prihatin karena mereka mereka hanya sekitar selangkah lagi untuk membuat tingkat pengayaan uranium hingga 90 persen yang bisa dipakai untuk membuat senjata nuklir.

(ayp/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK