Kim Jong-un Ziarah Peringati Ulang Tahun Pendiri Negara Korut

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 07:47 WIB
Kim Jong-un berziarah ke tugu makam keluarga pada Kamis (15/4) untuk memperingati ulang tahun kakeknya yang merupakan pendiri Korut, Kim Il-sung. Kim Jong-un berziarah ke tugu makam keluarga pada Kamis (15/4) untuk memperingati ulang tahun kakeknya yang merupakan pendiri Korut, Kim Il-sung. (AFP/Jorge Silva)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, berziarah ke tugu makam keluarga pada Kamis (15/4) untuk memperingati ulang tahun kakeknya yang merupakan pendiri bangsa, Kim Il-sung.

Media Korut, KCNA, melaporkan bahwa Kim datang ke tempat ayah dan kakeknya dimakamkan, Kumsusan Palace of Sun, bersama istrinya, Ri Sol-ju, dan beberapa pejabat lainnya.

Selain berziarah, mereka juga menyaksikan penampilan penyanyi dan penari sembari menikmati hari libur nasional.


"Ketika penampilan berakhir, penonton kembali riuh bertepuk tangan untuk mereka," demikian kutipan pemberitaan KCNA yang dikutip Reuters, Jumat (16/4).

Setiap tahun, Kim Jong-un rutin mengunjungi makam keluarga untuk merayakan ulang tahun Kim Il-sung. Ia sempat menarik perhatian karena tak melakukan rutinitas tahunan itu pada 2020.

[Gambas:Video CNN]

Ketidakhadiran Kim itu memicu rumor mengenai kondisi kesehatannya. Sejumlah laporan tak terkonfirmasi menyebutkan bahwa Kim dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi.

Kemunculan Kim kali ini disebut-sebut menjadi simbol bahwa Kim Jong-un masih dalam keadaan sehat selama pandemi Covid-19.

(has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK