Perpustakaan Bersejarah Afsel Hangus Akibat Kebakaran Hutan

CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 15:31 WIB
Kebakaran hutan di Table Mountain, Afrika Selatan, menghanguskan gedung perpustakaan bersejarah. Ilustrasi. (iStock/Kesu01)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebakaran hutan di Gunung Meja (Table Mountain), Cape Town, Afrika Selatan, pada Minggu (18/4) kemarin merembet hingga menghanguskan gedung perpustakaan universitas setempat.

Dilansir Associated Press, Senin (19/4), api yang berkobar akibat kebakaran hutan di lereng pegunungan itu meluas hingga menyambar gedung Perpustakaan Jagger yang merupakan cagar budaya dan bangunan bersejarah.

Besarnya kobaran api membuat pihak kampus mengevakuasi seluruh mahasiswa.


Jilatan api menghanguskan seluruh bangunan perpustakaan serta koleksi arsip bersejarah dan buku-buku bernilai di dalamnya. Meski pemadam kebakaran berupaya keras mengendalikan kobaran api, tetapi dua lantai di gedung perpustakaan habis dilahap si jago merah.

Sebuah bangunan lainnya dalam kompleks kampus dan satu kincir angin yang juga menjadi cagar budaya ikut hangus terbakar.

Embusan angin di wilayah cekungan Gunung Meja membuat kobaran api semakin besar akibat semak belukar ikut terbakar.

Lebih dari seratus orang pemadam kebakaran dan petugas penyelamat dikerahkan ke kampus itu dan kawasan Taman Nasional Gunung Meja.

Proses pengendalian api juga menggunakan empat helikopter untuk melakukan pemadaman melalui udara (water bomb).

Menurut Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Afrika Selatan, Charlotte Powell, mereka meminta para penduduk waspada dan bersiap jika diminta untuk melakukan evakuasi.

"Pada tahap ini kita belum melakukan evakuasi, tetapi kita meminta penduduk mengikuti petunjuk, yakni menutup seluruh jendela untuk menghalau asap dan panas akibat kebakaran serta membasahi pekarangan atau taman dengan selang atau membuat saluran air," kata Powell.

(ayp/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK