Inggris Temukan 77 Kasus Covid-19 Varian Baru dari India

CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 17:04 WIB
Inggris melaporkan 77 kasus dari satu varian baru dari India. Mereka pun menggelar penelitian untuk menentukan varian baru ini mengkhawatirkan atau tidak. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Inggris melaporkan temuan 77 kasus dari satu varian baru yang pertama kali ditemukan di India. Mereka pun menggelar penyelidikan untuk menentukan varian baru ini mengkhawatirkan atau tidak.

Seorang anggota badan Kesehatan Publik Inggris (PHE), Susan Hopkins, mengatakan kepada BBC bahwa saat ini pihaknya belum memiliki cukup data mengenai varian tersebut.

"Kami belum mendapatkan cukup data mengenai varian virus ini untuk mengklarifikasi apakah itu varian yang perlu mendapat perhatian. Kami menempatkannya sebagai varian yang sedang diselidiki," kata Susan seperti dikutip Reuters, Minggu (18/4).


Menurut Susan, untuk menentukan tingkat keseriusan varian ini, pihaknya harus mengetahui seberapa besar potensi penularan, peningkatan keparahan, dan kemampuannya untuk melawan vaksin.

The Irish Times melaporkan bahwa varian baru corona itu bernama B.1.617 yang dapat bermutasi ganda. Varian ini disebut-sebut sebagai penyebab kemunculan gelombang kedua Covid-19 di India.

[Gambas:Video CNN]

Sehubungan dengan lonjakan kasus di India, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memangkas waktu perjalanannya ke India.

"Perdana Menteri memutuskan untuk mengurangi lamanya kunjungan, yang akan berlangsung pada akhir bulan ini menjadi program yang lebih pendek di New Delhi," kata juru bicara PM Inggris.

(ans/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK