Utusan PBB Akan ke Jakarta Bahas Myanmar Jelang KTT ASEAN

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 19:59 WIB
Utusan khusus PBB akan ke Jakarta, Kamis (22/4), untuk membahas situasi Myanmar dengan pejabat tinggi Asia Tenggara menjelang KTT ASEAN akhir pekan mendatang. Utusan khusus PBB akan ke Jakarta, Kamis (22/4), untuk membahas situasi Myanmar dengan pejabat tinggi Asia Tenggara menjelang KTT ASEAN akhir pekan mendatang. (AFP/STR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Christine Schraner Burgener, akan ke Jakarta pada Kamis (22/4) untuk membahas situasi Myanmar dengan sejumlah pejabat tinggi Asia Tenggara menjelang Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN akhir pekan mendatang.

Seorang sumber dari PBB mengatakan kepada Reuters bahwa Burgener akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, juga menlu Singapura dan Brunei.

Sumber lainnya mengatakan bahwa Burgener akan bertemu dengan pejabat-pejabat itu, tapi tak bakal menghadiri KTT ASEAN.


Namun hingga saat ini, Burgener belum merespons permintaan konfirmasi Reuters mengenai rencana pertemuan di Jakarta ini.

Burgener sendiri sudah berada di Thailand selama 12 hari belakangan untuk berkomunikasi dengan militer. Namun, permintaannya untuk berkunjung ke Myanmar tak kunjung disetujui.

Selain itu, Burgener juga disebut sudah meminta bertemu dengan pemimpin junta militer Myanmar, Min Aung Hlaing, ketika berkunjung ke Indonesia.

Nikkei Asia memang melaporkan bahwa juru bicara militer Myanmar memastikan Min Aung Hlain akan hadir dalam KTT ASEAN yang digelar khusus untuk membahas situasi di Myanmar itu. Namun, sejumlah diplomat masih ragu Min akan hadir langsung.

[Gambas:Video CNN]

KTT ASEAN yang bakal digelar di Jakarta pada Sabtu (24/4) ini memang menjadi sorotan, terutama karena mengundang Min Aung Hlaing selaku pemimpin junta militer yang memimpin kudeta pada 1 Februari lalu.

Setelah itu, Min pula yang memegang kekuasaan kala aparat melakukan kekerasan mematikan terhadap demonstran antikudeta.

Namun, sejumlah pengamat menganggap ASEAN memang harus berbicara dengan Min agar dapat membujuk militer untuk menghentikan kekerasan di Myanmar.

Sumber-sumber diplomat yang mengetahui rapat ASEAN ini pun menyatakan bahwa KTT ASEAN tersebut akan fokus untuk membujuk junta menghentikan kekerasan terhadap warga sipil.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK