Korsel Siagakan Angkatan Laut untuk Bantu Cari KRI Nanggala

CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 17:16 WIB
Korsel menginstruksikan armada angkatan lautnya untuk bersiaga dan siap dikirim kapan saja ke RI untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402. Ilustrasi pencarian KRI Nanggala-402. (AFP/Sonny Tumbelaka)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan menginstruksikan armada angkatan lautnya untuk bersiaga dan siap dikirim kapan saja ke Indonesia untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402 yang hilang kontak pada Rabu (21/4).

Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa Kementerian Pertahanan Korsel langsung menyiagakan pasukannya tak lama setelah mendapat kabar mengenai KRI Nanggala-402.

Mereka pun menghubungi pihak Indonesia dan menyatakan kesediaan mereka untuk membantu, mengingat Jakarta merupakan salah satu rekan pertahanan besar bagi Seoul.


Dalam korespondensi itu, Indonesia mengaku sudah meminta negara tetangga untuk membantu operasi penyelamatan.

Di tengah situasi mendesak ini, Indonesia akan segera mempertimbangkan tawaran bantuan dari Korsel tersebut.

"Kami menyampaikan simpati yang dalam kepada Indonesia atas insiden tersebut. Jika Indonesia mengajukan permintaan, kami akan mendukung operasi dengan mengerahkan semua cara yang tersedia," demikian pernyataan Kemhan Korsel.

[Gambas:Video CNN]

Saat ini, Indonesia sudah menerima bantuan untuk operasi penyelamatan KRI Nanggala-402 dari Singapura dan Malaysia.

Singapura mengerahkan kapal penyelamat kapal selam mereka, MV Swift Rescue, ke Selat Bali untuk membantu mencari KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan itu sejak Rabu sore.

Selain Singapura, Malaysia juga akan mengirim kapal Mega Bakti untuk membantu pencarian KRI Nanggala. Kapal itu dijadwalkan tiba pada 26 April mendatang.

Sementara itu, Australia juga menyatakan kesiapan mereka untuk mengerahkan personel dan kapal untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402.

(ans/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK