KILAS INTERNASIONAL

Tragedi Maut Kapal Selam Dunia hingga Pertemuan Biden-Putin

CNN Indonesia
Selasa, 27 Apr 2021 06:36 WIB
Sejumlah berita meramaikan kabar internasional Senin (26/4), dari informasi tragedi kapal selam dunia hingga rencana pertemuan Vladimir Putin dan Joe Biden. Ilustrasi kapal selam Kursk. (Sergey Konovalov via Wikimedia Commons (CC-BY-4.0)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah berita meramaikan kabar internasional pada Senin (26/4), mulai dari informasi mengenai deretan tragedi maut kapal selam di dunia hingga rencana pertemuan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

1. Insiden Kapal Selam Kursk dan Operasi Evakuasi Jutaan Dolar

Insiden yang menimpa KRI Nanggala-402 membuat publik internasional mengingat kembali tragedi kapal selam selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut Rusia, Kursk, pada 12 Agustus 2000 silam.

Tragedi ini disebut-sebut sebagai salah satu kecelakaan kapal selam paling parah di dunia karena menewaskan 118 awak.


Pemerintah Rusia menyatakan bahwa kapal itu meledak saat para awak bersiap menembakkan torpedo di Laut Barents. Ledakan itu diduga akibat kebocoran bahan bakar high-test proxide (HTP) dari salah satu torpedo.

Saat kapal selam menghantam dasar laut, masih ada 23 awak yang bertahan di kompartemen 9. Namun, mereka akhirnya meninggal lantaran kekurangan oksigen.

Upaya penyelamatan itu juga terhambat air es, badai, dan jarak pandang bawah air yang buruk. Setelah beberapa hari melakukan operasi penyelamatan Kursk, Rusia merasa putus asa, tapi tetap menolak tawaran bantuan dari negara lain.

Penanganan bencana oleh pihak berwenang Rusia dikecam oleh para penduduknya. Keluarga korban mencap pernyataan resmi pemerintah hanya untuk menutup-nutupi penyebab insiden itu.

2. Corona India Semakin Parah, Kasus Harian Tembus 350 Ribu

Selain itu, kabar mengenai situasi pandemi Covid-19 di India juga masih ramai diperbincangkan. Pada Senin, Jumlah kasus harian infeksi Covid-19 di India kembali memecahkan rekor dunia, yakni 350 ribu orang dalam sehari.

Menurut catatan Kementerian Kesehatan India, jumlah kasus infeksi corona dalam 24 jam terakhir mencapai 352.991 orang. Sementara itu, jumlah kematian akibat virus corona di India dalam 24 jam terakhir mencapai 2.812 orang.

Penambahan itu membuat keseluruhan kasus virus corona di negara itu mencapai 17,31 juta, dengan 195.123 orang di antaranya meninggal.

Sejumlah rumah sakit di Delhi tidak sanggup lagi merawat pasien corona yang terus berdatangan. Banyak pasien terpaksa dirawat di luar rumah sakit atau dipulangkan ke rumah.

Selain itu, persediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di New Delhi juga pas-pasan. Di sejumlah rumah sakit, persediaan oksigen medis bagi pasien Covid-19 bahkan hanya cukup untuk dua jam.

[Gambas:Video CNN]

3. AS-Rusia Memanas, Biden dan Putin Dijadwalkan Bertemu Juni

Di tengah peningkatan ketegangan antara Rusia dan Amerika Serikat, Presiden Vladimir Putin dan Presiden Joe Biden direncanakan bertemu untuk pertama kalinya pada Juni mendatang.

Meski sejumlah sumber pejabat Kremlin menyebut bahwa jadwal ini belum pasti, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan bahwa ajakan bertemu dari Biden diterima "secara positif" oleh Putin dan tengah dipertimbangkan.

Menurut laporan media lokal Rusia, Harian Kommersant, yang dikutip Reuters, Biden menawarkan Putin untuk bertemu pada 15-16 Juni di sebuah negara Eropa. Namun, Kremlin dan Gedung Putih tak segera memberikan konfirmasi terkait hal itu.

Hubungan AS dan Rusia kembali memanas karena serangkaian isu, terutama setelah Rusia mengerahkan puluhan ribu pasukan ke perbatasan dekat Ukraina yang merupakan sekutu AS.

Awal bulan ini, Biden mendesak Putin segera mengurangi ketegangan yang dipicu oleh peningkatan aktivitas militer Rusia di perbatasan Ukraina. Ia juga mengusulkan pertemuan puncak untuk mengatasi serangkaian perselisihan.

Saat itu, Rusia menyatakan bahwa pertemuan puncak akan bergantung pada sikap AS. Mereka bahkan dilaporkan memperingatkan AS untuk membatalkan rencana menjatuhkan sanksi baru jika menginginkan pertemuan itu terlaksana.

[Gambas:Video CNN]

(has/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER