Penerbangan Jakarta-Wuhan Kembali Dibuka

CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 12:55 WIB
Penerbangan Jakarta-Wuhan kembali dibuka untuk rute pergi-pulang. Penerbangan dilayani maskapai Lion Air setiap Senin, menggunakan pesawat Boeing 737-900. Foto ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rute penerbangan dari Jakarta menuju Wuhan, China pergi-pulang (pp) telah kembali dibuka bagi para penumpang. Rute tersebut dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air setiap Senin.

Dilansir dari Antara, Sabtu (1/5), rute penerbangan tersebut dilayani oleh Lion Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900.

Pesawat dengan nomor penerbangan JT-2619 berangkat dari Jakarta pukul 06.20 WIB dan tiba di Wuhan pada pukul 12.25 WIB.


Selanjutnya, pesawat berganti nomor penerbangan menjadi JT-2618, lalu kembali dari Wuhan pukul 15.10 waktu setempat (atau sekitar 14.10 WIB) dan tiba pukul 20.20 WIB.

Selain dari Jakarta, penerbangan tujuan Wuhan juga mulai dibuka dari Seoul, Singapura, dan Pakistan.

Antara melaporkan, Divisi Penumpang Internasional Pelayanan Bandara Wuhan menyediakan tempat pelayanan visa kepada penumpang asing. Selain itu, pihak bandara membentuk tim khusus untuk memandu para penumpang menyampaikan barang bawaannya kepada pihak bea cukai secara daring, lantaran banyak pekerja migran China yang tidak familiar menggunakan telepon selular,

Sementara itu, Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) mengumumkan penangguhan sementara penerbangan internasional dari tiga kota di dunia. Pasalnya, diketahui ada penumpang yang positif covid-19.

Ketiga penerbangan yang terkena sanksi penangguhan sementara itu adalah Xiamen Airlines dari Manila ke Xiamen, KLM rute Amsterdam-Hangzhou, dan Kenya Airways rute Nairobi-Guangzhou.

Pemerintah China sendiri telah kembali membuka penerbangan internasional ke Wuhan, kota pusat penyebaran virus corona sejak September 2020 lalu. Pembukaan kembali penerbangan internasional dilakukan setelah pemerintah China mengklaim telah lulus dari penularan virus corona.

Penerbangan oleh maskapai Korea Selatan T'way menjadi pesawat asing yang mendarat di Wuhan pada Rabu (16/9) pagi waktu setempat. Pesawat yang mengangkut 60 orang penumpan gitu mendarat di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro untuk mengkonfirmasi informasi tersebut. Namun, yang bersangkutan belum menjawab.

Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China merupakan kota di mana virus Sars Cov-2 penyebab covid-19 berasal. Virus dipercaya berasal dari pasar yang ada di kota tersebut.

Kota tersebut jadi kota pertama yang di-lockdown karena wabah tersebut sebelum akhirnya berangsur normal sementara kota-kota lain di negara di luar China masih berjuang melawan covid-19 yang ditetapkan jadi wabah global atau pandemi.

(Antara/sur)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK