Israel Buka Penyelidikan Insiden Maut Acara Keagamaan Yahudi

CNN Indonesia | Senin, 03/05/2021 19:09 WIB
Pihak pengawas negara Israel membuka penyelidikan resmi atas insiden di acara keagamaan Yahudi yang menewaskan 45 orang pada pekan lalu. Pihak pengawas negara Israel membuka penyelidikan resmi atas insiden di acara keagamaan Yahudi yang menewaskan 45 orang pada pekan lalu. (Reuters/Ronen Zvulun)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak pengawas negara Israel membuka penyelidikan resmi atas insiden di acara keagamaan Yahudi yang menewaskan 45 orang pada pekan lalu.

Pengawas Negara Israel, Matanyahu Englman, mengatakan bahwa pihaknya akan mengaudit pemerintah untuk menyelidiki berbagai latar belakang dalam penyelenggaraan acara di Gunung Meron itu.

"Saya mengumumkan bahwa hari ini, saya akan membuka tim audit khusus yang akan menyelidiki berbagai hal terkait tragedi ini," ujar Englman, Senin (3/5).


Sebagaimana dilansir Reuters, kantor Englman memang memiliki kewenangan untuk menyelidiki mengenai satu insiden dan melaporkan hasilnya ke publik. Namun, mereka tak punya kewenangan untuk melayangkan tuntutan.

Englman menggelar penyelidikan ini di tengah tuntutan masyarakat agar ada pihak yang dapat menyelidiki pemerintah terkait insiden pada pekan lalu tersebut.

Masyarakat curiga pemerintah memang tak memberikan batasan kerumunan yang menyebabkan para umat Yahudi peserta acara Lag BaOmer itu berdesakan sehingga banyak dari mereka akhirnya meninggal dan terluka.

Insiden itu terjadi pada Kamis (29/4), ketika puluhan ribu umat Yahudi ultra-Ortodoks berziarah ke makam Rabbi Shimon Bar Yochai dalam rangkaian acara Lag BaOmer.

[Gambas:Video CNN]

Pada satu waktu, sekumpulan besar massa berdesakan masuk ke satu terowongan sempit yang menyebabkan banyak umat, termasuk anak-anak, saling injak dan tak bisa bernapas.

Englman mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Lag BaOmer ini, "mulai dari tingkat pengambil keputusan hingga mereka yang di lapangan, termasuk aparat."

Mereka juga akan memeriksa kelayakan tempat penyelenggaraan Lag BaOmer dan insiden-insiden yang pernah terjadi di lokasi tersebut sebelumnya.

Di sisi lain, Kementerian Kehakiman Israel juga menyatakan bahwa mereka akan menyelidiki kemungkinan kesalahan kepolisian.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK